LEBARAN 2015: Kirim-kiriman SMS Sepi Tahun Ini

Yustinus Andri DP
Sabtu, 18 Juli 2015 | 00:41 WIB
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta —PT Telkomsel mencatat terjadi penurunan trafik layanan pesan singkat atau short message service (SMS) pada Hari Raya Idulfitri 1436 H, berbanding terbalik dengan layanan data yang melonjak.

Hal tersebut tampak dari data pantauan trafik komunikasi jaringan Telkomsel pada Kamis (16/7/2015).

Pada malam takbiran, tercatat pengguna layanan SMS mengalami sedikit penurunan sekitar 6% menjadi 952 juta SMS. Catatan  ini lebih rendah jika dibandingkan dengan trafik SMS di periode yang sama  2014. Sedangkan apabila dibandingkan dengan hari normal 2015, trafik SMS turun sebesar 3%. 

Hal ini berbanding terbalik dengan penggunaan layanan data yang meningkat hingga 130% dan pengunaan layanan suara yang mencapai 1,8%. Adapun kenaikan pengunaan layanan suara tersebut meningkat sekitar 1,3 miliar menit jika dibandingkan dengan trafik percakapan di periode yang sama 2014.

Namum, untuk tingkat keberhasilan koneksi data dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS, tercatat lebih dari 99%. Sedangkan tingkat kesuksesan panggilan mencapai lebih dari 98%.

“Dari catatan iturtinya tidak ada masalah yang berarti dan secara umum pelanggan dapat menikmati layanan dengan nyaman,” ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper