Schneider Luncurkan Lampu Tenaga Surya Untuk Residensial

Reni Efita
Jumat, 26 Juni 2015 | 19:33 WIB
Lampu. /bakoellampu
Lampu. /bakoellampu
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA -- Schneider Electric, perusahaan global di bidang pengelolaan energi meluncurkan Mobiya portable solar lantern ramah lingkungan dengan memanfaatkan tenaga surya sebagai salah satu sumber energi terbarukan.
 
Penggunaan energi, khususnya energi listrik di Indonesia meningkat pesat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan pertambahan penduduk. Untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat tersebut, dikembangkan berbagai energi alternatif, di antaranya energi terbarukan.
 
Energi surya merupakan salah satu energi terbarukan yang sedang giat dikembangkan saat ini oleh pemerintah Indonesia karena sebagai negara tropis, Indonesia mempunyai potensi tenaga surya yang cukup besar, kata Mateus Bernath, Vice President Partner Retail Business - Schneider Electric Indonesia.
 
Peluncuran Mobiya merupakan salah satu bentuk upaya Schneider Electric untuk mendorong dan mensosialisasikan penggunaan tenaga surya di level residensial maupun komersial.
 
Lampu portable yang dilengkapi dengan unit panel surya itu berfungsi sebagai penerang, memiliki fitur charger untuk ponsel dengan tersedianya port USB yang terintegrasi. Lampu itu memiliki 3 tingkat keterangan, dan dapat menyala selama 48 jam setelah panelnya di-charge di bawah matahari selama satu hari.
 
Mobiya telah memenangkan berbagai penghargaan internasional di bidang desain produk, seperti Grand Prix, Strategies Du Design 2013 dan European Design Awards.
 
Lampu itu menggunakan baterai Lithium Ferro Phosphate yang dapat memberikan
performa yang prima selama lebih dari 3 tahun. Pengontrol charging berbasis micro-controllernya memastikan proses charging yang efisien, mencegah over charge maupun deep discharge.
 
Selain itu, fitur smart electronics untuk memonitor baterai menampilkan proses charging baterai, sisa baterai dan juga sinyal untuk recharging setelah baterai habis.
Beberapa keunggulannya antara lain:
1. Pencahayaan yang cukup untuk menerangi kegiatan membaca atau kegiatan sehari-hari lainnya
2. Tahan air hingga kedalaman 0,5 meter selama 1 jam
3. Tahan banting dari ketinggian 1,5 meter
4. Lampu dapat mengapung apabila terjatuh di air
5. Dapat beradaptasi dengan berbagai cara pemasangan dan penggunaan
6. Tombol yang menyala dalam gelap untuk memudahkan mencari lampu di dalam kegelapan.
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper