Bila Terbukti Membantu Penyadapan, Telkomsel Ditutup

Ismail Fahmi
Selasa, 25 Februari 2014 | 19:56 WIB
Logo Telkomsel/Antara
Logo Telkomsel/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTAA--Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan melakukan audit terhadap PT Telkomsel terkait dugaan keterlibatan penyadapan oleh Singapura dan Australia.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Freddy Tulung, dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Selasa (25/2/2014) menyebutkan  sebagai langkah awal, Kemenkominfo sedang melakukan investigasi dan pemantauan terhadap Telkomsel dan operator yang diduga terlibat dalam aksi penyadapan tersebut.

Penegasan tersebut untuk menanggapi laporan Telkomsel kepada Kemenkominfo akhir pekan lalu, yang meminta sebaiknya persoalan penyadapan yang diduga melibatkan Telkomsel dibawa ke forum International Telecommunications Union (ITU).

ITU adalah badan telekomunikasi dunia di bawah PBB.

Freddy menyebutkan pernyataan Menteri Kominfo Tifatul Sembiring bahwa bila terbukti membantu penyadapan, Telkomsel akan ditutup pemerintah sesuai dengan Undang Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi.

Untuk itu, katanya, dia sudah memanggil Telkomsel dan semua operator telekomunikasi terkait penyadapan.

"Baru (Selasa) pagi tadi (25/2/2014) kami melakukan pertemuan dengan semua operator telekomunikasi dan operator penyiaran. Salah satu pembicaraan kami adalah terkait penyadapan ini,"  ujarnya seperti dikutip Antara.

Selain monitoring dan audit, menurut Freddy, Kemenkominfo selanjutnya juga akan tetap membawa hal itu ke ITU.

"Itu prosedur, kita akan bawa ke ITU kalau memang terbukti ada unsur kesengajaan dari operator kita," katanya.

Berdasarkan catatan Bisnis, pengamat Pengamat telekomunikasi Sarwoto Atmosutarno sebelumnya menyatakan informasi soal 1,8 juta kunci enskripsi induk yang digunakan Telkomsel, semestinya bisa menjadi titik awal audit forensik."

"Audit forensik penting untuk mengetahui apakah ada unsur kesengajaan atau tidak," ujar mantan Dirut Telkomsel itu.

Selain itu, lanjutnya, untuk membuktikan mengapa sistem yang dianggap aman masih tetap kebobolan. Apakah ada unsur kesengajaan atau tidak, termasuk dugaan keterlibatan Singapura.

Karena itu, Sarwoto mengaskan  audit perlu segera dilakukan agar bukti-bukti tidak dihilangkan pihak asing, yang mungkin dengan sengaja membantu pihak penyadap.

 Dia menambahkan, Singapura terkait langsung dengan jaringan Telkomsel karena negeri ini penghubung kabel bawah laut yang berasal dari Perth, Australia, menuju Jakarta. Dari Jakarta, selanjutnya berjaringan ke seluruh kota di Indonesia.

Telkomsel diduga terlibat penyadapan berdasarkan bocoran Edward Snowden, bahwa sepanjang 2013, Australian Signals Directorate mendapatkan hampir 1,8 juta kunci enskripsi induk.

Enskripsi induk ini digunakan Telkomsel untuk melindungi percakapan pribadi dari pelanggannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper