Indosat Incar Pelanggan di Sumapa Tambah 15%

Amri Nur Rahmat
Selasa, 21 Januari 2014 | 14:23 WIB
Selain itu, Indosat menambah kualitas layanan data dengan menambah jumlah BTS 3G hingga 4.993 unit. /bisnis.com
Selain itu, Indosat menambah kualitas layanan data dengan menambah jumlah BTS 3G hingga 4.993 unit. /bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Penyedia jasa telekomunikasi PT Indosat Tbk mengincar pertumbuhan pelanggan di area Sulawesi, Maluku dan Papua (Sumapa) pada tahun ini sebesar 15% seiring dengan peluncuran sejumlah layanan data yang ditawarkan perseroan.

Idzuddin, Head of Sumapa Area PT Indosat Tbk, mengemukakan proyeksi pertumbuhan pelanggan tersebut bakal ditopang oleh segmen layanan data yang trennya terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

"Untuk mendukung itu, kita juga berencana menambah kapasitas jaringan melalui pengembangan infrastruktur BTS hingga tiga kali lipat di area Sumapa, dengan prioritas utama di wilayah Sulawesi," katanya seusai peluncuran IM3 Play Online di Makassar, Selasa (21/1/2013).

Kendati demikian, Idzuddin enggan menyebutkan jumlah pelanggan Indosat di area Sulawesi, Maluku dan Papua serta jumlah infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) yang dioperasikan perseroan sejauh ini.

Adapun, berdasarkan rilis resmi Indosat hingga kuartal III/2013, perseroan mengklaim secara nasional memiliki 53,8 juta pelanggan yang merupakan angka kumulatif dari pengguna IM3, Mentari dan Matrix.

Menurut Idzuddin, dari jumlah pelanggan secara nasional tersebut, area Sumapa hanya memberikan kontribusi 3% atau sekitar 1,61 juta pelanggan hingga kuartal III/2013.

"Dari sisi kontribusi, pelanggan area Sumapa masih sangat kecil mengingat pasar utama Indosat memang berada di Pulau Jawa. Tetapi, pada tahun ini kita akan menggenjot market untuk wilayah timur dan memang menjadi fokus untuk pengembangan bisnis perseroan secara nasional," paparnya.

Adapun, dalam ikhtisar laporan keuangan konsolidasi Indosat hingga kuartal III/2013, perseroan yang melantai di bursa dengan kode perdagangan ISAT itu membukukan pendapatan mencapai Rp17,8 triliun, bergerak naik 9,4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya Rp16,28 triliun.

Sepanjang periode tersebut, perseroan juga melakukan langkah-langkah ekspansif untuk memperkuat jaringan melalui penambahan BTS dari 21.642 unit pada 2012 menjadi 23.207 unit di 2013. Selain itu, Indosat menambah kualitas layanan data dengan menambah jumlah BTS 3G hingga 4.993.

"Untuk perkembangan area Sumapa sendiri [jumlah pelanggan dan infrastruktur BTS] akan segera kami publish setelah kantor pusat mengumumkan kinerja perseroan kuartal IV/2013 atau sepanjang tahun tahun lalu yang mungkin akan dirilis bulan depan," kata Idzuddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Amri Nur Rahmat
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper