Opera Software Klaim Aplikasi Coast Duduki Top 5 di App Store

Peni Widarti
Kamis, 19 Desember 2013 | 18:21 WIB
Opera Software
Opera Software
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Perusahaan browser Opera Software mengklaim aplikasi Coast telah menduduki posisi Top 5 pada App Store setelah aplikasi tersebut diluncurkan pada September 2013.

Huib Kleinhout, Head of the Coast project, Opera Software, mengatakan Opera memang secara khusus membuat aplikasi tersebut untuk iPad, karena pengguna iPad selama ini dinilai eksklusif sehingga cocok dengan design Coast yang elegan.

"Saya memiliki pengalaman sebagai pengguna iPad, dan kami di Opera ingin mendesain sebuah aplikasi yang ditargetkan untuk perangkat masa depan," jelasnya dalam Media Roundtable Coast by Opera, di Surabaya, Kamis (19/12/2013).

Dia menjelaskan dalam aplikasi browser Coast tersebut telah meniadakan beberapa elemen seperti kolom halaman URL di atas layar, tombol back dan forward, tab dan bookmark. Tombol-tombol tersebut pun kini telah digantikan dengan gerakan swipe.

Berbeda dengan Opera Mini yang pernah diciptakannya. Aplikasi Coast ini sangat simple dengan menyajikan konten halaman web langsung di bagian depan depan dan terpusat pada keseluruhan layar.

Coast memiliki keunggulan pada konten musik yang bisa menampilkan animasi equalizer di ikon website pada home screen nya. Pengguna Coast juga bisa merancang sendiri home screen dengan gambar favorit sesuai yang diinginkan pengguna iPad.

Kleinhout mengatakan Coast merupakan inovasi baru dan bukan turunan dari aplikasi yang pernah ada sebelumnya. Untuk itu, katanya, pengguna iPad bisa mencoba mengunduh aplikasi Coast ini secara gratis pada App Store dan memulai pengalaman baru menggunakan browser yang menarik.

Kota Surabaya ini merupakan kota ke-3 tempat peluncuran aplikasi Coast, setelah sebelumnya dilakukan di Jakarta dan Yogyakarta.

Meski browser Coast jauh lebih berbeda dan lebih menarik, tetapi Opera Mini hingga saat ini memiliki 350 juta pengguna di seluruh dunia, dan dan Indonesia merupakan pengguna terbanyak ke-2 setelah India.

“Kami tidak memiliki target untuk pengguna Coast, tetapi kami senang bisa berbagi dengan pecinta iPad, apalagi pengguna iPad di Indonesia juga cukup banyak,” imbuh Kleinhout.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Peni Widarti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper