Inilah Sensasi 3 Evolusi Perkembangan Kamera Ponsel

Lahyanto Nadie
Senin, 4 November 2013 | 14:25 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Fungsi kamera di ponsel semakin berkembang sejak kemunculannya pertama kali Selain resolusi makin tajam, aplikasi dan fiturnya pun tambah beragam.

Ponsel dengan kamera memang bukan sesuatu yang baru. Di Tanah Air, dua belas tahun lalu, Nokia merilis seri 7650 yang legendaris. Selain memiliki sistem operasi Symbian, ponsel itu punya kamera. Resolusinya memang hanya VGA, akan tetapi saat itu menggunakan kamera posel punya kelas tersendiri.

Kini kamera ponsel telah jauh berevoluasi. Selain resolusinya makin tajam hingga puluhan Mpix, vendor ponsel juga merancang berbagai kemampuan fotografi yang menarik di posel.

Sedikitnya ada tiga evolusi perkembangan kamera ponsel.

Pertama, resolusi maksimal kamera ponsel semakin tinggi seperti Sony yang menghadirkan kamera 20,7 Mpix di seri Xperia ZI.

Sementara itu, Nokia merilis Lumia 1020 yang berbekal kamera 41Mpix. Begitu pun vendor seperti HTC yang mengenalkan teknologi ultrapixels yang diklaim mampu menghasilkan gambar lebih baik seperti yang ditunjukkan lewat HTC One terbaru.

Kedua, fitur pengolah gambar bawaan di ponsel kamera juga makin beragam. Tak sekadar memberi efek pada hasil foto, akan tetapi juga dengan gampang dibagi ke sejumlah akun sosial media berbasis foto seperti Instagram atau Path.

Ketiga, munculnya kamera plug-in serta kamera dengan fasilitas koneksi WiFi/mobile data. Beberapa vendor misalnya telah menyediakan kamera plug-in yang gampang dibongkar pasang ke smartphone seperti Sony QNX10/100 dan berkomunikasi antarperangkat melalui WiFi atau NFC.

Sedangkan kamera dengan fasilitas akses data dapat dijumpai di Samsung Galaxy Camera ataupun smartphone Samsung Galaxy S4 Zoom.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lahyanto Nadie
Editor : Lahyanto Nadie
Sumber : Majalah Selular
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper