Margiono Kembali Ketua Umum PWI, Ilham Bintang Ketua Dewan Kehormatan

Arif Budisusilo
Jumat, 20 September 2013 | 08:38 WIB
Bagikan

Bisnis.com, BANJARMASIN - Margiono kembali terpilih sebagai Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) periode 2013-2018 secara aklamasi dalam Kongres ke-23 PWI di Banjarmasin, Jumat (20/9) dini hari.

Ini adalah periode jabatan kedua bagi Margiono dalam memimpin organisasi wartawan tertua di Indonesia itu. Karir profesional Margiono dimulai dari wartawan Jawa Pos yang kemudian menjadi Pemimpin Redaksi koran itu. Lalu ia membesarkan Rakyat Merdeka -koran Grup Jawa Pos- mulai dari Pemimpin Redaksi hingga Direktur Utama sampai saat ini.

Sedangkan Ilham Bintang, pemilik dan Pemimpin Redaksi Grup Cek & Ricek terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI. Ilham terpilih melalui voting menggantikan Ketua Dewan Kehormatan sebelumnya, Tarman Azzam.

Menurut rencana, pelantikan pengurus terpilih itu akan dilaksanakan di Banjarmasin dan disaksikan oleh Presiden pada Oktober mendatang.

Margiono dalam sambutan pembuka mengatakan program PWI selama lima tahun terakhir fokus pada pendidikan dan pelatihan jurnalistik dan peningkatan kompetensi wartawan.

Ini penting agar media menjadi institusi penyedia informasi yang dipercaya publik dengan dukungan wartawan yang profesional.

Hal itu juga ditekankan Dahlan Iskan, pemilik Jawa Pos Group, yang kini menjadi Menteri BUMN. Sebab, kata Dahlan, tantangan media ke depan, sejalan dengan proyeksi Indonesia sebagai negara maju, tidak semakin mudah.

Karena itu, media harus lebih banyak menonjolkan pemberitaan mengenai ekonomi, bukan didominasi pemberitaan politik. "Ekonomi harus menjadi panglima. kalau saat ini politik masih menjadi panglima," katanya.

Dahlan pun sepakat pendidikan dan pelatihan bagi wartawan untuk semakin profesional dan memahami isu-isu ekonomi menjadi sangat penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Arif Budisusilo
Editor : Others
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper