Awas...Aplikasi Whatsapp Palsu Menyebar di Facebook

Galih Kurniawan
Selasa, 10 September 2013 | 19:54 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Lama adem ayem aplikasi instant messenger Whatsapp keserempet juga dalam penyebaran program jahat melalui Internet.

Tidak melalui aplikasi langsung, si pembuat aplikasi palsu hanya mencatut nama besar Whatsapp yang belakangan diklaim sebagai aplikasi instant messenger paling banyak digunakan di dunia. Menurut laporan perusahaan keamanan Vaksincom aplikasi palsu itu menyebar melalui situs jejaring sosial Facebook dan Tumblr.

Tautan aplikasi palsu tersebut teridentifikasi di sejumlah grup Facebook. Posting itu berisi tawaran untuk meng-install aplikasi Whatsapp khusus personal computer (PC). “Now you can use What'App on PC also by this useful app no need to install,” demikian isi posting tersebut lengkap dengan logo asli Whatsapp.

Mereka yang tertipu rayuan itu dan mengakses tautan akan diarahkan ke situs blog ber-platform Tumblr yang beralamat http://whaatsappp.tumblr.com/. Hanya beberapa saat mampir di situs Tumblr korban segera diarahkan ke tautan lain yang telah dipersiapkan menggunakan layanan penyingkat alamat url (uniform resource locator) adf.ly.

Adf.ly adalah url shortener yang menawarkan uang kepada siapa saja yang menggunakan jasa mereka. Semakin banyak url bersangkutan di-klik akan semakin banyak pula uang yang diberikan kepada si pembuat tautan.

“Menurut pantauan Vaksincom sampai Senin kemarin Tumblr masih berusaha menghapus semua akun palsu,” ujar Antivirus Specialist Vaksincom Alfons Tanujaya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (10/9/2013).

Upaya Tumblr ternyata langsung direspons oleh si pembuat aplikasi palsu yang belakangan mengganti tautan Tumblr dengan layanan Tiny URL. Korban yang belum sadar dengan jebakan tersebut akan mendapati tampilan situs mybestapps.us beberapa saat setelah tautan dieksekusi.

Halaman tersebut menawarkan berbagai aplikasi untuk PC salah satunya See Who's Viewed You. Meski begitu jebakan utama yang dirancang si pembuat aplikasi palsu adalah tombol berwarna merah dengan tulisan Click Here Download Now. Korban dijanjikan bakal mendapat aplikasi Whatsapp untuk PC bila mengakses tautan itu.

Jika di-klik tautan itu akan mengarahkan korban pada layar panduan instalasi aplikasi Facebook. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi asli untuk Facebook namun berisi berbagai perangkap lainnya yang dapat merugikan pengguna.

Sama seperti kebanyakan aplikasi di Facebook, korban juga diminta untuk menyetujui beberapa hal sebelum melakukan instalasi. Aplikasi dengan nama Whats App lengkap dengan logo WhatSapp itu meminta hak untuk mengakses data pribadi di Facebook dan melakukan posting menggunakan akun pengguna bersangkutan.

Jika pengguna menuruti permintaan itu aplikasi tersebut segera mem-posting tautan jebakan ke wall termasuk ke semua grup Facebook yang diikuti. Aplikasi itu juga mampu melakukan cross posting ke grup Facebook lain serta wall teman Facebook korban.

Sejumlah hal lain yang dapat dilakukan aplikasi palsu ini adalah mengakses informasi dasar yang pengguna Facebook, mengakses semua foto yang di-upload serta mengakses post pada news feed.

“Pembuat aplikasi ini ingin mendapatkan sebanyak mungkin akun yang mengakses tautan url shortener untuk mendapatkan keuntungan finansial,” jelas Alfons.

Dia menyebutkan aplikasi Whatsapp memang memungkinkan di-install di PC. Namun hal itu dilakukan melalui emulator yang tersedia di Google Play Store lantaran developer resmi belum merilis versi Whatsapp untuk PC.

Aplikasi palsu yang mengklaim sebagai Whatsapp for PC ini dapat ditemukan dengan nama fbwhatsapp dengan alamat https://apps.facebook.com/fbwhatsapp/. Mereka yang sudah telanjur meng-install aplikasi ini disarankan segera menghapusnya melalui pengaturan yang disediakan oleh Facebook. Pilihan Delete all your Whats App activity on Facebook sebaiknya dicentang untuk menghapus seluruh aktivitas yang sudah dilakukan oleh aplikasi ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Galih Kurniawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper