Ini Cara Menggunakan Blackberry Messenger di Smartphone iOS dan Android

Minggu, 25 Agustus 2013 | 17:28 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Blackberry tampaknya sudah siap mengerahkan aplikasi ‘pembunuh’ Blackberry Messenger (BBM) ke Android dan iOS dalam beberapa pekan mendatang.

Sebelum melakukan gebrakan itu, perusahaan asal Kanada tersebut perlu memperkenalkan pengguna Android dan iOS ke dunia BBM.

Buku manual untuk kedua plafform saingannya itu sempat muncul di situs Blackberry AS, meskipun kemudian dihapus kembali. Kejutan ini menunjukkan Blackberry sudah siap menguji coba BBM dengan sekelompok pengguna beta.

Panduan cara penggunaan itu mungkin basi dan sudah dimengerti oleh orang yang sudah menggunakan ponsel Blackberry bertahun-tahun, tetapi tidak bagi pengguna iOS atau Android.

Salah satu isi buku manual itu yakni informasi mengenai bagaimana pengguna smartphone iPhone dan Android mendapatkan PIN BBM ataupun ID BBM.

Manual itu memberikan panduan tahap-tahap membuat komposisi pesan, berbagi foto, menyetel group chat, dan aspek lain terkait dengan layanan Messenger.

Namun, di buku manual itu tidak ditemukan screenshot BBM untuk iOS, kecuali tampilanikon yang digunakan melalui aplikasi tersebut. Ini sama persis baik pada iOS maupun Android, sepertinya Blackberry menargetkan pengalaman visual yang sama (dan set fitur) lintas platform mobile.

Apabila Anda tidak begitu sering masuk (sign in) ke BBM, panduan itu bisa menjadi poin awal yang baik untuk belajar lebih lanjut.

Aplikasi BBM kemungkinan masuk ke App Store dan Google Play pada musim panas ini, sehingga calon pengguna punya kesempatan belajar lebih lama. Yang jelas, Blackberry perlu segera merilis BBM jika ingin bertahan di tengah persaingan yang kian ketat di pasar pesan instan.

Sebagai informasi bagi pengguna iOS dan Android, berikut manual yang sempat dirilis Blackberry dan dipublikasikan oleh TechCrunch, Jumat (23/8/2013).

Panduan BBM untuk iOS

Panduan BBM untuk Android 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis :
Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper