APPLE Gandeng Sony Music Luncurkan Radio Online

Gloria Natalia Dolorosa
Minggu, 9 Juni 2013 | 21:40 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, SAN FRANCISCO – Apple Inc menandatangani kesepakatan dengan Sony Music Entertainment untuk mewujudkan rencana layanan radio online.

Sumber menyebut Sony menandatangani kesepakatan itu pada 7 Juni 2013 dan Apple berencana mengumumkan layanan yang berjuluk iRadio itu pada 10 Juni 2013. Universal Music milik Vivendi SA dan Warner Music Group milik Len Blavatnik telah menandatangani kesepakatan dengan Apple. 

Dengan perusahaan rekaman, Apple berencana mengumumkan layanan yang didukung iklan yang akan berkompetisi dengan Pandora Media Inc.  IRadio akan memungkinkan para pengguna untuk membangun stasiun khusus berdasarkan artis atau genre yang mengacu pada musik dari perpustakaan iTunes milik Apple.

Bloomberg menulis, menurut Chief Executive Officer Sony/ATV Martin Bandier, perusahaan patungan Sony Corp dan Michael Jackson, menandatangani perjanjiannya dengan Apple pada 8 Juni 2013. Kesepakatan Sony/ATV dengan Apple mencakup periode pengenalan 2 tahun. Kesepakatan memberikan nilai 10% dari semua pendapatan iklan yang dihasilkan dari katalog musik. Nilai itu lebih dari dua kali lipat dari standar 4% dalam perjanjian penerbitan musik digital.

Sumber mengatakan layanan radio iRadio disediakan secara gratis kepada pelaggan dan didukung iklan. Dengan mengintegrasikan layanan dengan iTunes, pengguna dapat membeli dan mengunduh lagu-lagu.

Eddy Cue, senior vice president Apple, telah meredefinisi perangkat unit iklan mobile iAd milik perusahaan agar fokus pada penjualan iklan audio dan menarik merek besar. Pendapatan iklan akan dibagi dengan perusahaan musik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor :
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper