IBM Agresif Pasarkan PureSystems

Febrany D. A. Putri
Kamis, 4 April 2013 | 15:52 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--IBM, perusahan teknologi dan informasi asal Amerika Serikat, agresif memasarkan salah satu produk lini jasa dan platform infrastruktur mereka yakni IBM PureSystems dengan menggandeng mitra lokal sebagai distributor yakni PT Avnet Datamation Solutions.

Sebelumnya, platform ini telah diperkenalkan di Indonesia pada Mei 2012.

"Kami sadar bahwa industri di Indonesia tidak hanya di Jakarta atau Pulau Jawa. Kami membutuhkan mitra lokal yang dapat menjangkau di luar Jawa untuk memperluas pangsa pasar IBM PureSystems," ujar Country Manager Systems & Technology Group PT IBM Indonesia Gunawan Susanto hari ini, Kamis (4/4/2013).

Meski demikian, Gunawan enggan menyebutkan berapa perusahaan yang telah menerapkan platform IBM PureSystems. Beberapa sektor industri yang berpotensi mengimplementasikan IBM PureSystems yakni telekomunikasi, manufaktur, dan ritel.

IBM PureSystem merupakan infrastruktur dan platform yang memungkinkan perusahaan mengintegrasikan aplikasi-aplikasi internal. Platform ini merupakan pembaruan dari IBM PowerSystems. IBM PureSystems memiliki tiga sistem pendukung yakni IBM PureFlex System, IBM PureApllication System dan IBM PureData System.

IBM PureFlex System merupakan sistem infrastruktur TI terbuka yang dapat mengintegrasikan node komputasi, penyimpanan (storage), jaringan, dan virtualisasi menjadi satu sistem. IBM PureApllication System memungkinkan perusahaan mendesain dan menyesuaikan aplikasi, database, dan situs mereka. Sementara itu IBM PureData System merupakan sistem platform khusus yang didesain bagi perusahaan untuk menghadapi tantangan era big data. Sistem ini berfungsi menganalisis dan memproses transaksi serta data konsumen perusahaan.

IBM mengklaim PureSystems mampu bekerja 20 hingga 30 kali lipat daripada sistem tradisional. Selain itu, IBM PureSystems mampu mengurangi biaya operasional dan manajemen waktu hingga 55%.

"Saat ini pasar TI untuk segmen komersial pasti mengarah ke tiga hal yakni cloud ready, data ready, dan security ready. Ketiganya sudah kami antisipasi melalui sistem ini," lanjut Gunawan.

Adapun IBM PureSystems menyasar segmen perusahaan besar. Meski demian Gunawan menyebutkan, pada tahun ini perusahaan melalui mitra lokal juga telah menyiapkan platform dan infrastruktur bagi perusahaan menengah dan kecil. Gunawan beralasan, dari total segmen komersial, baik perusahaan besar maupun menengah dan kecil, memiliki kontribusi pendapatan yang seimbang.

(34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Others
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper