PONSEL PINTAR: Android & iPhone Masih Kuasai Pasar & Teknologi

Sutarno
Kamis, 14 Maret 2013 | 19:47 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, BANDUNG—Industri IT bidang developer application mobile di Bandung masih percaya Android dan iPhone tetap di peringkat teratas.

Smartphone android yang mulai memuncak pada tahun 2009 diikuti oleh para pembisnis atau developer application berbasis website yang mulai berbelok menjadi developer application mobile.

CEO PT GITS Indonesia Ibnu Sina Wardy mengungkapkan perusahaannya yang berawal pada bisnis website mulai  melirik Android sebagai peluang usaha lain sejak 2010.

Tingginya minat klien pada android dan iPhone dirasa ada sejak tahun 2012 hingga saat ini dimana permintaan akan aplikasi berbasis platform ini naik drastis berkisar 80%.

Kenaikan tersebut dirasakan saat banyaknya klien GITS Indonesia yang menginginkan sebuah aplikasi mobile semacam social network dan news reader ada untuk kepentingan perusahaannya.

“Tahun 2013 ini jika dilihat sampai sekarang, persentase permintaan dari klien berkisar 50% untuk Android. Sedangkan sisanya masing-masing 16,7% untuk permintaan aplikasi berbasis iPhone, Nokia S40, dan Windows Phone,” katanya hari ini, Kamis (14/3/2013).

Ibnu memprediksikan sebagai developer atas teknologi yang akan datang, yaitu  meningkatnya peminat application mobile berbasis iOs untuk iPhone pada tahun ini.

“Jika Apple dapat  menciptakan teknologi atau produk baru dengan sasaran low-end atau mid-end, bisa saja pasar mobile application android terbalap oleh iOs,”katanya.

Dia mengatakan yang tidak kalah pentingnya untuk sekarang ini developer application mobile seperti GITS Indonesia ini mulai melirik BlackBerry Z10 sebagai lahan baru untuk bisnis. Menurutnya, secara teknik teknologi pada BlackBerry Z10 memang lebih mudah dilakukan apabila dibandingkan dengan teknologi BlackBerry jenis sebelumnya.

“Kami cuma tinggal migrasi aplikasi android yang sudah ada, saat ini kami sudah develop lebih dari 10 aplikasi dan itu semuanya sudah masuk ke BlackBery Application Word,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sutarno
Editor : Others
Sumber : Ria Indhryani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper