PALAPA RING II: Kemenkominfo Siap Ambil Bagian Gelaran Kabel Optik Hingga Merauke

SORONG, Papua Barat: Kemenkominfo siap mengambil bagian dalam proyek penggelaran kabel optik lanjutan hingga ke Merauke, Papua, segera setelah sambungan jaringan optik Palapa Ring II  berakhir di Timika, Papua selesai.Dirjen Penyelenggaraan Pos
Bambang Priyo Jatmiko
Bambang Priyo Jatmiko - Bisnis.com 10 Desember 2012  |  20:49 WIB

SORONG, Papua Barat: Kemenkominfo siap mengambil bagian dalam proyek penggelaran kabel optik lanjutan hingga ke Merauke, Papua, segera setelah sambungan jaringan optik Palapa Ring II  berakhir di Timika, Papua selesai.Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika  Syukri Batubara mengatakan infrastruktur kabel optik akan mendukung pencapaian target Internet kecamatan.  Palapa Ring akan dilanjutkan dan dipacu dengan dukungan ICT Fund (information and communication fund).

“Untuk sambungan kabel optik yang ke Merauke [memang] belum ada, sehingga untuk yang ke Merauke [kemungkinan] kami. Untuk jalur yang lainnya merupakan kerja sama kami dengan operator,” ujarnya menjawab pertanyaan Bisnis, Minggu (9/12/2012).Indonesia sebagai anggota World Summit on the Information Society (WSIS) mengejar target pencapaian pada tahun 2015 yaitu seluruh warga negara sudah harus terhubung dengan Internet sampai di tingkat kecamatan. Sementara saat ini secara total Indonesia mencakup wilayah 5.748 kecamatan.Menurutnya, jaringan kabel optik yang sudah terimplementasi saat ini antara lain jalur di Kendari dan Kupang, sehingga jaringan selanjutnya tinggal dibangun di Maluku Utara ke Papua Barat.Saat ini anggaran ICT Fund sebesar Rp2,4 triliun akan digunakan untuk menggelar kabel optik Palapa Ring II yang dikerja samakan dengan PT Telkom untuk infrastruktur optik sepanjang 4.000 km mulai dari Manado, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, hingga Timika.

Dari tengah, kabel optik akan menghubungkan Kendari, Ambon, Jayapura ke Timika. “Ini kerja sama kami dengan operator, mereka di utara, kami di selatan. Namun ,ini baru proses tender, belum ada pemenangnya,” ungkap Syukri.Adapun dalam perkembangan berikutnya bentuk kerja sama pemerintah adalah menyewa infrastruktur operator. (bas)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Aang Ananda Suherman

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top