XL Axiata Berjuang Keras Rebut 200 Pelanggan Cloud

Administrator
Selasa, 16 Oktober 2012 | 00:10 WIB
Bagikan

JAKARTA: PT XL Axiata Tbk mengincar 2.000 pelanggan solusi komputasi awan XCloud hingga tutup tahun 2012. So­lu­­si yang meluncur pada Mei la­lu itu baru meraup kurang dari 10 pe­lang­gan UKM.

Padahal, di awal pe­lun­curan, perusahaan me­nar­get­kan da­pat meraup 200 pelanggan korporat. Jumlah itu setara 10% dari total pelanggan kor­po­rat XL yang mencapai 2.000 per Mei 2012. Meski belum mendulang sukses, perusahaan berminat masuk ke pasar ritel.

General Manager Cloud and Marketing Machine Tech­no­logy PT XL Axiata Tbk Arkav Ju­liandri menuturkan perusahaan akan memasarkan solusi awan un­tuk ritel bernama Mobile-Cloud Stor­age sebelum pengujung Ok­tober 2012.

“Kami mengembangkan ekosistem awan secara terbuka dan kolaboratif. Kami lebih memilih untuk berkolaborasi karena pasar masih sangat besar buat semua pemain,” ujarnya, Kamis (11/10).

Perusahaan berencana memperkuat ekosistem solusi awan. Salah satu caranya yakni menggandeng Universitas Indonesia dan Swiss German University untuk meriset XCloud. SGU difokuskan pada bidang service level agreement (SLA) dari teknologi komputasi awan. Sementara, UI fokus membahas teknologi keamanan dari sistem komputasi awan (cloud security). (yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Administrator
Editor : Others
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper