Heboh Kabar iPhone 16 Tertunda Masuk RI, Menkominfo Bilang Begini

Rika Anggraeni
Sabtu, 5 Oktober 2024 | 11:20 WIB
Tampilan iPhone 16 dari samping/Apple
Tampilan iPhone 16 dari samping/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) angkat bicara terkait dengan kabar iPhone 16 bakal tertunda masuk ke Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan model iPhone 16 series tetap rilis di pasar Indonesia.

Budi mengatakan bahwa model iPhone teranyar milik raksasa Apple itu tidak akan tertunda di Tanah Air. Hanya saja, kata dia, komponen dari iPhone 16 series tetap impor dari luar negeri.

“Enggak [tertunda], cuma [komponen] tetap impor kan,” kata Budi saat ditemui seusai acara Sarasehan bersama Menkominfo di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Lebih lanjut, Budi menambahkan bahwa saat ini iPhone 16 series juga belum memenuhi persyaratan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di Indonesia.

“Belum. Nanti itu tanya ke [Kementerian] Perindustrian soal TKDN. TKDN mesti tanya ke [Kementerian] Perindustrian,” imbuhnya.

Sementara itu, Bisnis telah mencoba menghubungi Kementerian Perindustrian melalui pesan singkat WhatsApp terkait pengajuan sertifikat TKDN Apple untuk model terbarunya. Namun, hingga berita ini tayang, Bisnis belum mendapatkan tanggapan.

Berdasarkan pantauan Bisnis, hingga saat ini iPhone 16 series belum diperjualbelikan di situs resmi iBox, yang merupakan Apple Premium Reseller di Indonesia.

Di sana, hanya terlihat banner iPhone 16 dan iPhone 16 Pro yang bertuliskan agar peminat iPhone mengecek kembali informasi ketersediaan handphone baru Apple.

Begitu pun dengan unggahan resmi iBox Indonesia di Instagram @iboxindonesia. Dalam unggahannya, iBox menyampaikan bahwa iPhone 16 series akan segera hadir di Indonesia.

“Yang kamu tunggu akan segera hadir. Stay tuned di iBox untuk dapatkan update terbaru,” tulisnya.

Di sisi lain, Kemenkominfo juga menegaskan bahwa raksasa teknologi Apple tidak jadi membangun pabrik di Indonesia. Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa keputusan Apple batal membangun pabrik di Indonesia lantaran pemerintah tak bisa memenuhi permintaan Apple yang dinilai terlalu berat.

“Enggak [bangun pabrik di Indonesia]. Tax holiday-nya kegedean, permintaan dia [Apple] terlalu berat,” kata Budi.

Budi menyatakan bahwa Apple meminta adanya pembebasan pajak (tax holiday) selama 50 tahun seperti di Vietnam. “[Apple minta tax holiday] 50 tahun, [mirip] Vietnam,” ungkapnya.

Untuk itu, Budi menyampaikan adanya ketidakmungkinan raksasa teknologi milik Tim Cook itu membangun pabrik di Tanah Air.

“Enggak mungkin [Apple bangun pabrik di Indonesia],” ujarnya.

Menurut Budi, jika Indonesia memberi lampu hijau kepada Apple untuk memberikan tax holiday, maka perusahaan teknologi asing lainnya juga akan meminta hal yang sama seperti yang diterima Apple.

“Kalau permintaan dia seperti di negara lain ya susah dong kita memenuhinya. Nanti yang lain meminta yang sama,” terangnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper