Apple Dikabarkan Pangkas Jutaan Produksi iPhone 16, Ada Apa?

Rika Anggraeni
Rabu, 2 Oktober 2024 | 18:53 WIB
Tampilan iPhone 16 dari samping/Apple
Tampilan iPhone 16 dari samping/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Raksasa teknologi Apple dikabarkan memangkas produksi seri teranyarnya yaitu iPhone 16 sebanyak tiga juta unit pada tahun ini.

Hal itu terungkap dalam catatan investor baru yang dilihat oleh 9to5Mac. Di mana, analis di Barclays melaporkan bahwa Apple “mungkin baru saja memotong” produksi iPhone 16 sebesar tiga juta unit.

Berdasarkan pemeriksaan saluran pasokan baru-baru ini, para analis mengatakan bahwa pemangkasan dilakukan pada mitra semikonduktor utama untuk pesanan iPhone hingga kuartal Desember.

Barclays mengatakan ada penurunan produksi 15% dari tahun ke tahun untuk Phone 16. Penurunan ini disebut bakal berdampak pada pengiriman lini iPhone 16 baru untuk kuartal September.

Namun, Barclays meyakini bahwa Apple mengirimkan 51 juta unit untuk kuartal III/2024. Laporan tersebut mencatat bahwa iPhone 16 memiliki dua hari penjualan tambahan tahun ini dibandingkan iPhone 15 tahun lalu.

Meski begitu, analis Barclays menyalahkan peluncuran Apple Intelligence yang terhuyung-huyung, lantaran adopsi AI yang terbatas di luar Amerika Serikat (AS), dan kurangnya diferensiasi perangkat keras. Menurutnya, ini menjadi alasan pengiriman lini iPhone 16 terlihat semakin berisiko.

Melansir dari Phone Arena, Rabu (2/10/2024), Mark Gurman dari Bloomberg mengatakan bahwa Apple tengah bersiap untuk memulai produksi iPhone baru dengan nama kode V59. Model itu lebih dikenal sebagai iPhone SE 4 yang akan datang.

Laporan tersebut juga mengungkap Apple merilis model iPad Air baru bersamaan dengan iPhone SE 4. Sekadar informasi, pada tahun lalu Apple merilis iPad Air bertenaga M2 dengan varian 11 inci dan 13 inci yang mencerminkan opsi iPad Pro.

Untuk iPhone SE 4, laporan tersebut menyebut bahwa ini akan menjadi handset SE baru pertama dengan harga murah sejak iPhone SE 3 pada 2022.

Rumornya, iPhone SE 4 akan menyerupai iPhone 14 yang berarti akan menghilangkan Touch ID demi Face ID. iPhone SE 4 diharapkan membawa RAM 8GB dan dapat didukung oleh prosesor aplikasi A18 3nm yang sama yang menjalankan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

Alasan untuk melengkapi iPhone SE 4 dengan dua kali jumlah RAM yang digunakan pada iPhone SE 3 dan termasuk chipset yang diperkenalkan tahun ini adalah untuk memungkinkan perangkat menjalankan Apple Intelligence, inisiatif AI Apple.

Tampilan baru iPhone SE 4 akan memiliki perubahan desain yang besar. Bahkan, iPhone SE 4 disebut bisa menjadi pemenang besar bagi Apple di pasar tertentu seperti China dan India, di mana ponsel Android dengan harga murah terjual dengan baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper