Kelemahan Layar iPhone 16 Pro yang Perlu Anda Ketahui, Cermat Sebelum Membeli

Leo Dwi Jatmiko
Sabtu, 28 September 2024 | 08:48 WIB
Tampilan iPhone 16 dari samping/Apple
Tampilan iPhone 16 dari samping/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - iPhone 16 memiliki kelemahan di sisi layar yang membuat pengguna terganggu dengan ponsel premium Apple yang dirilis awal bulan ini. 

Dilansir dari 9 to 5,  Sabtu (28/9/2024) sejumlah pengguna iPhone 16 Pro melaporkan masalah respons layar sentuh di smartphone mereka. Pengguna merasa layar iPhone 16 Pro cacat karena tidak bisa membaca ketukan dan gesekan jari, yang memengaruhi berbagai interaksi seperti menggulir hingga menekan tombol. 

Berdasarkan pengujian, laporan pembaca, dan keluhan pengguna di media sosial, masalah tersebut sejauh ini diyakini dari bug perangkat lunak, bukan kesalahan perangkat keras. Pasalnya jika itu berasal dari perangkat keras, maka Apple berpeluang menarik seluruh iPhone 16 Pro tersebut dari pasar atas kecacatan yang muncul di layar.

Secara khusus, algoritma penolakan sentuhan tidak disengaja iOS tampaknya terlalu sensitif, yang menyebabkan sentuhan yang diinginkan justur diabaikan.

Beberapa pengguna juga mengeluhkan masalah kurang sensitif saat jari mereka diletakkan di dekat Kontrol Kamera, di sisi kanan layar. 

Dalam sebuah postingan di media sosial Mastodon, akun Khaos Tian menduga bahwa masalah pengabaian ketikan terjadi karena bezel layar iPhone 16 Pro yang lebih tipis dari sebelumnya, yang membuat kulit pengguna mudah menyentuh tepi layar secara tidak sengaja. 

Sekadar informasi, sedikit sentuhan kulit saja sudah dapat memicu penolakan sentuhan di layar. Masalah ini dapat muncul saat pengguna memegang ponsel dengan posisi jari-jari berada di sisi-sisi perangkat. Masalah ini akan makin parah ketika ponsel digunakan tanpa casing, karena lebih mudah untuk tidak sengaja meletakkan jari di atas tepi layar yang tipis. 

Masalah lainnya yang dikeluhkan pengguna adalah penolakan saat mengetuk aplikasi. Masalah ini terjadi pada iPhone yang menjalankan iOS 18 dan iOS 18.1 beta. 

9 to 5 melaporkan bahwa masalah tersebut tampaknya tidak terjadi saat perangkat dalam keadaan tidak aktif di layar kunci. Artinya, masalah tersebut hanya muncul saat ponsel tidak terkunci, seperti saat menggulir aplikasi atau menggeser antarhalaman layar beranda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper