Penumpang Hawaiian Airlines Bisa Akses Internet Starlink Gratis, Maskapai RI Kapan?

Rika Anggraeni
Jumat, 27 September 2024 | 10:30 WIB
Satelit SpaceX meluncurkan 12 Starlink dari Florida, Amerika Serikat/dok. Tangkapan layar SpaceX
Satelit SpaceX meluncurkan 12 Starlink dari Florida, Amerika Serikat/dok. Tangkapan layar SpaceX
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Maskapai penerbangan terbesar yang berbasis di Hawaii, Hawaiian Airlines menawarkan Wi-Fi Starlink berkecepatan tinggi dan latensi rendah secara gratis untuk semua penumpang, seiring dengan kesepakatan yang terjalin antara Elon Musk dengan United Airlines.

Mengutip CNET, Jumat (27/9/2024), tersedianya WiFi gratis di semua penerbangan Hawaiian Airlines muncul hanya beberapa minggu setelah United Airlines mengatakan akan menawarkan layanan internet Starlink gratis di lebih dari 1.000 pesawat tahun depan.

Kini, Hawaiian Airlines menjadi maskapai besar pertama yang menggunakan layanan internet satelit Elon Musk, yang memanfaatkan lebih dari 7.000 satelit di orbit bumi rendah untuk memberikan internet berkecepatan tinggi ke seluruh dunia.

Melansir blog resmi Hawaiian Airlines, maskapai menyediakan layanan WiFi gratis kepada para penumpang untuk semua penerbangan yang dioperasikan Airbus antara pulau-pulau dan benua Amerika Serikat (AS), Asia, dan Oseania.

Hawaiian menjadi maskapai besar AS pertama yang memulai debut Starlink pada Februari silam dengan pesawat Airbus A321neo. Kini, maskapai itu telah menyelesaikan instalasi Starlink di 24 pesawat Airbus A330.

Direktur hiburan dan konektivitas dalam penerbangan dan produk di Hawaiian Airlines, Evan Nomura, menyampaikan bahwa para penumpang dapat dengan mudah terhubung ke Starlink saat naik ke pesawat.

Evan menjelaskan bahwa pengalaman internet Starlink di penerbangan Hawaiian Airlines ini sama seperti penumpang terhubung ke internet rumah. Selain itu, layanan internet ini juga memiliki kecepatan yang cocok untuk bekerja, streaming video, hingga bermain game.

“Menjadi maskapai besar pertama yang menawarkan Starlink kepada para pelancong tanpa biaya adalah pencapaian luar biasa bagi tim kami, dan kami sangat senang dengan tanggapan positif yang luar biasa dari para tamu yang telah menikmati konektivitas terdepan di industri kami di dalam pesawat,” kata Evan dalam keterangan resminya.

Sejak diluncurkan di armada Airbus Hawaii, Starlink telah memberikan kinerja yang luar biasa tanpa gangguan layanan, bahkan saat melintasi jangkauan terjauh Samudra Pasifik.

Hawaii juga akan memasang Starlink pada armada andalan Boeing 787-9. Namun, tidak pada pesawat Boeing 717, yang digunakan untuk penerbangan jarak pendek antar pulau Hawaii.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper