Asteroid Akan Mengelilingi Bumi Selama 2 Bulan, Mulai 29 September 2024

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 15 September 2024 | 13:15 WIB
Planet bumi/NASAscience
Planet bumi/NASAscience
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan mini akan mengorbit planet bumi selama sekitar dua bulan pada tanggal 29 September hingga 25 November tahun ini.

Dalam peristiwa yang jarang terjadi, sebuah asteroid akan terperangkap oleh gravitasi bumi dan akan mengorbit bumi.

Asteroid 2024 PT5 terlihat pada 7 Agustus menggunakan Asteroid Terrestrial-Impact Last Alert System (ATLAS), sistem peringatan dini dampak asteroid yang didanai NASA.

Dilansir dari NDTV, menurut laporan yang diterbitkan dalam Research Notes of American Astronomical Society, asteroid tersebut tidak terlalu besar dengan diameter hanya 10 meter (33 kaki). Selama 53 hari masa tugasnya mengelilingi bumi, PT5 2024 tidak akan mampu melakukan orbit penuh, melainkan akan melakukan putaran tapal kuda sebelum melepaskan diri dari tarikan gravitasi bumi.

Laporan RNAAS yang ditulis oleh Carlos de la Fuente Marcos dan Raul de la Fuente Marcos menyebutkan bahwa Bumi memiliki kecenderungan untuk menangkap asteroid dan menariknya ke orbitnya. Asteroid-asteroid ini terkadang melakukan satu atau lebih revolusi penuh mengelilingi planet kita, sementara di lain waktu, mereka melepaskan diri dari jalur elips bumi sebelum menyelesaikan orbitnya.

Pada tahun 2006, sebuah asteroid yang ditangkap oleh gravitasi bumi berputar mengelilinginya selama satu tahun dari Juli 2006 hingga Juli 2007. Namun, PT5 2024 yang baru ditemukan tampaknya menyerupai jalur NX1 2022, sebuah lintasan sementara yang berputar mengelilingi Bumi pada tahun 1981 dan 2022 tanpa pernah menyelesaikan orbit dan kemungkinan akan kembali melakukan setengah putaran lagi pada tahun 2051.

Meskipun Bumi terkadang menarik sampah luar angkasa ke orbitnya, laporan tersebut mengatakan bahwa PT5 2024 adalah objek alami karena “evolusi dinamis jangka pendeknya sangat mirip dengan NX1 2022, objek alami yang telah dikonfirmasi.” Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa sifat orbitnya mirip dengan asteroid yang berasal dari sabuk asteroid Arjuna.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper