Kominfo Kebut Proyek PDN Cikarang Rp2,7 Triliun, Kapan Rampung?

Rika Anggraeni
Kamis, 5 September 2024 | 20:17 WIB
Groundbreaking Pusat Data Nasional (PDN) di Cikarang
Groundbreaking Pusat Data Nasional (PDN) di Cikarang
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menargetkan proyek Pusat Data Nasional (PDN) I di Cikarang dengan investasi senilai Rp2,7 triliun akan rampung sebelum masa pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Peresmian PDN Cikarang molor dari target sebelumnya yang semestinya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Agustus 2024.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, mengatakan bahwa desain fisik PDN yang berlokasi di Cikarang sudah mencapai hampir 90%.

“Sebentar lagi [PDN Cikarang] mau diresmikan, fisiknya sudah hampir 90%, tunggu saja [sebelum pergantian pemerintahan] kami usahakan,” kata Budi saat ditemui di Kompleks Senayan, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Dia menuturkan bahwa Kemenkominfo melaksanakan pembangunan PDN di dua lokasi, yaitu di Cikarang yang akan diresmikan pada 2024 dan Batam.

“[Batam] yang saat ini dalam proses penyelesaian tahapan seleksi konsultan service,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo, Hokky Situngkir, sempat mengungkap infrastruktur maupun desain PDN sudah mencapai lebih dari 70%. Dia menyebut infrastruktur, jaringan, hingga desain proyek Rp2,7 triliun itu naik dibanding bulan sebelumnya.

“Dari sisi infrastruktur itu [PDN di Cikarang] mungkin sudah lebih 70%-an. Secara desain juga, kalau saya tidak salah lebih dari 80%, saya nggak tahu angka persisnya, persentasenya. Tapi sudah cukup, kalau bicara timeline sebelumnya, sebenarnya itu tidak begitu terganggu,” kata Hokky dalam acara Ngopi Bareng di Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Nantinya, PDN I akan diisi oleh tenant (penyewa) dan akan beroperasi pada awal 2025 mendatang. “Tetapi secara umum infrastruktur, network, design itu naik berapa persen dibanding sebulan sebelumnya,” terangnya.

Hokky juga mengklaim bahwa Kemenkominfo juga ruitn mengevaluasi proyek PDN I dengan memperhatikan dari sisi keamanan, pencadangan data (backup), serta rancangan.

Berdasarkan catatan Bisnis, proyek PDN I yang berlokasi di Greenland International Industrial Centre, Deltamas, Cikarang memiliki luas kurang lebih 15.994 m2.

Proyek pembangunan PDN pertama milik Indonesia ini merupakan pinjaman dari Pemerintah Perancis dengan total nilai EUR164.679.680 atau sekitar Rp2,7 triliun dengan waktu pengerjaan 24 bulan mulai dari 22 Oktober 2022.

Nantinya, PDN I Cikarang dibangun dengan kapasitas prosesor 25.000 Cores, memory 200 TeraByte, storage 40 PetaByte, mechanical electrical 20 Mega Watt (MW) pada kesempatan operasi optimal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper