Ini 6 Planet Akan Terlihat di Langit pada 28 Agustus

Redaksi
Rabu, 28 Agustus 2024 | 21:16 WIB
Urutan planet dalam tata surya
Urutan planet dalam tata surya
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Planet Merkurius, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus akan terlihat berjajar di langit malam 28 Agustus.

Munculnya beberapa planet di langit biasa disebut planetary alignment atau jajaran planet. Seperti namanya, jajaran planet adalah situasi di mana Anda bisa melihat sejumlah planet dalam satu garis di saat yang bersamaan.

Jajaran planet bisa terjadi karena 3–7 planet berkumpul di satu sisi Matahari di saat yang bersamaan. Ketika Bumi termasuk dalam jajaran planet tersebut, fenomena ini bisa terlihat dari langit Bumi.

Biasanya, 3 jajaran planet disebut jajaran planet mini (mini planetary alignment). Sementara itu, 4 planet membentuk jajaran planet kecil (small planetary alignment). Fenomena 5–6 planet yang berjajar relatif lebih jarang ditemui dan masuk kategori jajaran planet besar (large planetary alignment). Terakhir hal ini terjadi adalah pada awal Juni 2024.

Ketika semua planet dari tata surya berada di salah satu sisi Matahari, fenomena ini disebut great/full planetary alignment. Terkadang, bahkan Pluto ikut serta dalam jajaran planet ini. Fenomena ini diperkirakan baru akan terjadi pada 28 Februari 2025, dan selanjutnya pada 19 Mei 2161.

Bagaimana cara melihat jajaran planet?

Dilansir dari Starwalk Space, Merkurius akan lebih sulit dilihat karena posisinya yang berada dekat kaki langit (horizon). Sementara itu, Neptunus dan Uranus hanya bisa dilihat menggunakan teleskop karena jaraknya yang begitu jauh.

Menurut Universe Magazine, urutan kemunculannya akan dimulai dari Saturnus yang berwarna kekuningan dan Neptunus yang berada dekat rasi bintang Pisces. Kedua planet ini akan bergerak ke arah selatan.

Selanjutnya, Uranus, Jupiter, dan Mars akan terbit. Uranus muncul dekat kumpulan bintang Pleiades. Sementara itu, Jupiter dan Mars akan cukup tinggi di angkasa, dekat munculnya bulan sabit. 

Pada dini hari, Merkurius akan terlihat. Tidak lama setelah itu, matahari akan terbit.

Sulit untuk melihat fenomena ini dengan mudah. Jika Anda berencana untuk mengejar jajaran planet kali ini, berikut kiat-kiat melihat jajaran planet dan fenomena langit lainnya.

1. Sesuaikan waktu di wilayah Anda dengan jadwal munculnya fenomena alam.

2. Carilah tempat dengan langit yang cerah–tanpa awan mendung maupun polusi.

3. Pastikan pemandangan Anda tidak tertutup pegunungan maupun gedung-gedung untuk dapat melihat parade planet.

4. Pastikan bahwa Anda memiliki alat penunjang untuk melihat keseluruhan fenomena. Anda bisa menggunakan teleskop atau teropong untuk bisa melihat dengan maksimal.

Kapan dan dimana keenam planet terlihat di angkasa?

Hampir seluruh wilayah Bumi bisa melihat fenomena ini, kira-kira pada dini hari. Waktu terjadinya bisa bermacam-macam, tergantung lokasi belahan bumi Anda. Berikut daftar beberapa lokasi dan waktu setempat:

23 Agustus: Abu Dhabi dan Hong Kong

24 Agustus: Athena, New York, dan Tokyo

26 Agustus: Berlin, London, dan Reykjavik

28 Agustus: Meksiko

30 Agustus: Sao Paulo dan Sydney (Ilma Rayhana)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper