Jumlah Pengusaha Internet Naik 3 Kali Lipat, Modal Asing Masuk ke RI

Rika Anggraeni
Senin, 26 Agustus 2024 | 01:40 WIB
Pengguna internet sedang membuat prakarya dengan melihat video streaming di tablet/dok. Biznet
Pengguna internet sedang membuat prakarya dengan melihat video streaming di tablet/dok. Biznet
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Jumlah perusahaan internet yang tergabung dalam Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) naik hampir 3 kali lipat dalam kurun waktu 3 tahun. 

Anggota Senior APJII Victor Irianto mengatakan berdasarkan catatan APJII, pemain Internet Service Provider (ISP) terus mengalami pertumbuhan. 3 tahun lalu, APJII mencatat hanya terdapat 400 ISP, namun kini melonjak menjadi 1.100–1.200 pemain ISP di Tanah Air.

Bahkan, Victor menuturkan bahwa sektor perbankan yang sebelumnya tidak begitu mendukung penyelenggara internet, kini mulai melirik industri ini. Termasuk pemain asing. 

Modal asing ramai masuk ke bisnis internet dalam negeri melihat besarnya potensi industri internet dalam negeri.

“Saya lihat dari mulai capital-capital dari luar itu mulai masuk banyak mengakuisisi perusahaan, karena mereka melihat selama Covid-19 itu industri kita yang bertumbuh,” ujar kata Viktor dalam acara The 7th Annual APJII Golf Tournament 2024 di Ballroom Pondok Indah Golf, Jakarta, Minggu (25/8/2024). 

Diketahui, sejumlah penyelenggara internet dan regulator berkumpul di ajang turnamen olahraga golf yang digelar Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Ketua Umum APJII Muhammad Arif mengatakan bahwa turnamen golf APJII merupakan momentum yang mempertemukan anggota APJII, para pemain di industri telekomunikasi, serta para pembuat regulasi.

“Kalau biasanya kami bertemu di kantor atau ruangan meeting, hari ini kita bertemu di lapangan golf sambil olahraga bersama, membangun silaturahmi, dan berdiskusi mengenai perkembangan ICT di Indonesia dalam suasana yang lebih sehat dan santai,” kata Arif 

Arif berharap turnamen tahun ini bisa menjadi wadah bagi para peserta untuk berkolaborasi demi mendukung program transformasi digital pemerintah.

Tahun ini, turnamen golf APJII diikuti oleh 144 pemain, dan tiket untuk acara ini telah habis terjual. Para peserta terdiri dari anggota APJII, perusahaan Internet Service Provider (ISP), jaringan telekomunikasi, serta pihak pemerintah yang merupakan penggemar olahraga golf.“

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper