Gandeng Huawei, AI Experience Center Indosat (ISAT) Bakal Jadi Pusat Pelatihan ASN

Leo Dwi Jatmiko,Mutiara Nabila
Rabu, 21 Agustus 2024 | 09:02 WIB
Indosat AI Experience Center resmi beroperasi di Surakarta/Bisnis.com - Mutiara Nabila
Indosat AI Experience Center resmi beroperasi di Surakarta/Bisnis.com - Mutiara Nabila
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Indosat Tbk. (ISAT) bekerja sama dengan Huawei meresmikan AI Experience Center sebagai pusat showcase sekaligus tempat pelatihan guna mengoptimalkan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) di masyarakat, termasuk bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). 

AI Experience Center yang bertempat di Solo Technopark, Solo, Jawa Tengah merupakan yang pertama di Indonesia. Fasilitas ini didukung oleh konektivitas 5G yang memberikan latensi rendah dan kekuatan jaringan mumpuni. 

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan AI Experience Center merupakan salah satu upaya perusahaan dalam memberdayakan Indonesia melalui AI. Indosat memiliki visi untuk mendorong Indonesia ke panggung global. 

Adapun, Vikram menyebut, dipilihnya Kota Solo sebagai tempat peluncuran program AI pertama Indosat selain karena adanya pusat perusahaan-perusahaan teknologi di Solo Technopark, juga karena budayanya yang kental.

“Ini barulah permulaan dari berbagai perkembangan menarik lain dalam membuka peluang tanpa batas,” kata Vikram dikutip, Rabu (21/8/2024). 

Indosat AI Experience Center memamerkan teknologi AI yang dapat diaplikasikan di berbagai sektor seperti industri kreatif hingga industri makanan.

Tidak hanya untuk menunjukkan inovasi terkini dari AI, experience center, kata Vikram, juga Indosat AI Experience Center akan berfungsi sebagai pusat pelatihan yang menawarkan program bagi pelajar, aparatur sipil negara, hingga masyarakat luas untuk mempelajari manfaat AI. 

Fasilitas ini akan menjadi awal bagi AI Center of Excellence yang rencananya akan diresmikan oleh Indosat dalam waktu dekat.

“Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan membuka peluang baru,” kata Vikram. 

Sementara itu,, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Bidang Sosial, Ekonomi, dan Budaya, Wijaya Kusumawardhana mengatakan inisiatif ini merupakan momentum penting bagi evolusi industri telekomunikasi. 

“Experience center ini akan menjadi katalisator inovasi di berbagai sektor,” kata Wijaya. 

Walikota Surakarta Teguh Prakosa mengatakan fasilitas ini tidak hanya akan meningkatkan keunggulan Solo Technopark tetapi juga memicu efek berganda. 

“Efek berganda bagi ekonomi lokal dan digitalisasi, membawa manfaat bagi edukasi, pariwisata, dan penciptaan lapangan pekerjaan,” kata Teguh. 

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper