Indosat Resmikan AI Experience Center Pertama di Indonesia

Mutiara Nabila
Selasa, 20 Agustus 2024 | 17:04 WIB
Karyawan beraktivitas di dekat logo Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) di Jakarta, Senin (5/2/2024)/JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di dekat logo Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) di Jakarta, Senin (5/2/2024)/JIBI/Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, SOLO — Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bekerja sama dengan Huawei, resmi meluncurkan AI Experience Center, membawa teknologi tercanggih dunia ke muka masyarakat Indonesia pertama kalinya di Kota Solo, Jawa Tengah.

Peresmian AI Experience Center tersebut sejalan dengan komitmen Indosat untuk mewujudkan tujuan besar memberdayakan Indonesia, dibuka pertama kalinya di Solo Technopark, menjadi fasilitas dengan teknologi termutakhir ini didukung oleh konektivitas 5G.

Fasilitas tersebut juga menjadi bentuk nyata komitmen Indosat dalam membentuk masa depan Indonesia sebagai negara berdaya AI, serta memposisikan Indonesia sebagai pemain kunci di komunitas AI global.

Peresmian Indosat AI Experience Center di Solo Technopark menjadi bukti nyata segera hadirnya AI Center of Excellence yang direncanakan didirikan oleh Indosat di lokasi yang sama dalam waktu dekat, yang mana juga akan didukung oleh jaringan 5G. 

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha menyebutkan bahwa hal ini juga merupakan bagian dari komitmen Indosat dalam memajukan teknologi termutakhir di Solo, yang sudah diawali pada 2021 melalui peluncuran layanan 5G, yang diikuti oleh penetapan Solo Safari sebagai kebun binatang 5G pertama di Indonesia.

Bermitra dengan perusahaan teknologi global Huawei, Indosat AI Experience Center memamerkan teknologi AI terkini yang dapat diaplikasikan di berbagai sektor, termasuk Smart City Management yang mengoptimalkan jaringan 5G Indosat, seni, industri makanan, serta industri kreatif. 

"Tidak hanya untuk menunjukkan inovasi terkini dari AI, experience center ini juga akan berfungsi sebagai pusat pelatihan yang menawarkan program bagi pelajar, aparatur sipil negara, hingga masyarakat luas untuk mempelajari manfaat AI untuk meningkatkan produktivitas dan membuka peluang baru," kata Vikram, Selasa (20/8/2024).

Adapun, Vikram menyebut, dipilihnya Kota Solo sebagai tempat peluncuran program AI pertama Indosat selain karena adanya pusat perusahaan-perusahaan teknologi di Solo Technopark, juga karena budayanya yang kental.

Walikota Surakarta, Teguh Prakosa, mengharapkan, kehadiran fasilitas ini bukan untuk mengikis kebudayaan justru memperkenalkan serta memperluas cakupan budaya tak hanya di Solo tapi juga seluruh Indonesia kelak, melalui bantuan teknologi.

"Harapannya juga fasilitas ini tidak hanya akan meningkatkan keunggulan Solo Technopark tapi juga memicu efek berganda bagi ekonomi lokal dan digitalisasi, membawa manfaat bagi edukasi, pariwisata, dan penciptaan lapangan pekerjaan," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper