Profil Angga Raka Prabowo, Stafsus Prabowo yang Kini Jadi Wamenkominfo

Ni Luh Anggela
Senin, 19 Agustus 2024 | 09:53 WIB
Angga Raka Prabowo resmi dilantik untuk menjadi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024) - Youtube Setpres.
Angga Raka Prabowo resmi dilantik untuk menjadi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024) - Youtube Setpres.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Angga Raka Prabowo resmi dilantik untuk menjadi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Dengan dilantiknya Angga Raka Prabowo, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memiliki dua Wamenkominfo. Untuk diketahui, Jokowi sebelumnya telah melantik Nezar Patria, mantan wartawan dan aktivis 1998 untuk mendampingi Budi Arie pada 17 Juli 2023.

Pelantikan Angga Raka Prabowo dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) 52/M/2024 tentang Pengangkatan Wamenkominfo Kabinet 2019-2024.

"Mengangkat Saudara angga raka prabowo wamenkominfo peridoe 2019-2024," demikian bunyi Keppres tersebut dikutip Senin (19/8/2024).

Menkominfo Budi Arie Setiadi sebelumnya mengatakan membutuhkan sosok wakil di Kementeriannya. Menurutnya, sosok wakil menteri di Kemenkominfo merupakan kebutuhan vital.

Budi Arie mengatakan bahwa apabila dikerjakan sendirian, dia tidak akan kuat dalam menampung tantangan arus informasi dan teknologi global. “Tugas Kementerian Kominfo sangat berat. Sejumlah hal yang harus dituntaskan dalam waktu singkat,” ujarnya.

Dia menjabarkan bahwa sejumlah tantangan yang dibutuhkan untuk segera selesai terdiri dari turunan dan kelembagaan untuk pelaksanaan UU Pelindungan Data Pribadi.

Lalu, pemerintah ingin segera menyelesaikan percepatan pemberantasan judi online, perbaikan arsitektur dan tata kelola data nasional, dan pemanfaatan AI untuk pelayanan publik.

Profil Angga Raka Prabowo

Lantas, siapa Angga Raka Prabowo? Melansir dari berbagai sumber, Angga sendiri sempat ramai diperbincangkan pada Februari 2024 lantaran namanya sempat masuk dalam bursa jajaran Menteri dan Kepala Staf Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dalam informasi yang beredar di platform X, Angga sempat diisukan bakal menempati posisi sebagai Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden. 

Namun, bocoran susunan kabinet menteri Prabowo-Gibran langsung dibantah oleh Wakil Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati. Menurutnya, nama-nama yang beredar tersebut biasanya hanya berdasarkan asumsi.

“Ini biasanya asumsi dan prediksi orang,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Untuk diketahui, Angga merupakan kader Partai Gerindra sejak 2008. Dia juga merupakan staf khusus (Stafsus) dari Presiden Terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto.

Tidak banyak informasi yang bisa didapat dari kader Gerindra itu. Berdasarkan penelusuran Bisnis, akun X miliknya yakni @ARP89 tidak dibuka untuk publik. 

Sementara akun Instagram pribadinya @anggarakaprabowo hanya memiliki satu unggahan saja di mana pada 14 Februari 2024, Angga tampak membagikan beberapa fotonya bersama dengan Prabowo Subianto dalam berbagai kesempatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ni Luh Anggela
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper