Panjang Waktu Sehari di Bumi Semakin Lama, Gara-gara Ulah Manusia

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 18 Juli 2024 | 11:35 WIB
Waktu Sehari di Bumi Semakin Panjang, Gara-gara Ulah Manusia/doku freepik
Waktu Sehari di Bumi Semakin Panjang, Gara-gara Ulah Manusia/doku freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Sebuah penelitian baru mengungkapkan jika panjang hari di Bumi dan orientasi planet kita menjadi tidak seimbang karena perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia yang mengubah perputaran Bumi.

Pada awalnya, perubahan ini tidak terlihat oleh kita, namun bisa menimbulkan dampak serius.

Salah satunya termasuk memaksa kita menerapkan detik kabisat negatif, mengganggu perjalanan luar angkasa, dan mengubah inti dalam planet kita.

Sehari di Bumi berlangsung sekitar 86.400 detik. Namun waktu pasti yang dibutuhkan planet kita untuk menyelesaikan satu rotasi dapat berubah sepersekian milidetik setiap tahun karena sejumlah faktor, seperti pergerakan lempeng tektonik, perubahan rotasi inti, dan tarikan gravitasi dari bulan.

Namun, perubahan iklim yang disebabkan oleh aktivitas manusia adalah faktor lain yang dapat mengubah durasi hari-hari kita, dan para ilmuwan baru mulai menyadari betapa hal ini akan berdampak pada putaran planet kita di tahun-tahun mendatang.

Selama beberapa dekade terakhir, laju hilangnya es di kawasan kutub bumi, khususnya Greenland dan Antartika, meningkat pesat akibat pemanasan global, yang menyebabkan naiknya permukaan air laut.

Sebagian besar kelebihan air ini terakumulasi di dekat khatulistiwa, menyebabkan planet kita sedikit menggembung di bagian tengahnya.

Hal ini, pada gilirannya, memperlambat perputaran planet karena lebih banyak beban yang didistribusikan lebih jauh dari pusat planet mirip dengan bagaimana skater yang berputar melambat dengan menggerakkan lengan menjauh dari tubuh mereka.

Dalam studi baru yang diterbitkan pada 15 Juli di jurnal PNAS, para peneliti menggunakan program kecerdasan buatan canggih yang menggabungkan data dunia nyata dengan hukum fisika untuk memprediksi bagaimana putaran planet akan berubah seiring waktu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper