Tokopedia TikTok PHK 450 Karyawan Hari Ini, Berikut yang Terdampak

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 14 Juni 2024 | 11:20 WIB
Tokopedia dan TikTok memberikan pelatihan kepada UMKM di Kota Semarang. Bisnis/Muhammad Faisal Nur Ikhsan
Tokopedia dan TikTok memberikan pelatihan kepada UMKM di Kota Semarang. Bisnis/Muhammad Faisal Nur Ikhsan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Tokopedia melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) hari. Berdasarkan sumber Bisnis, jumlah yang terdampak mencapai ratusan pegawai. 

Sumber Bisnis yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan Tokopedia mengumpulkan karyawan di Townhall pagi ini. Tokopedia memutuskan melakukan perampingan setelah TikTok menjadi pengendali perusahaan, dengan kepemilikan saham sebesar 75%.  

“450 karyawan dari total 5.100 karyawan setelah merger,” kata sumber Bisnis, Jumat (14/6/2024). 

Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) angkat bicara mengenai kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh ByteDance atas bisnis e-commerce mereka di Tanah Air, TikTok - Tokopedia. GoTo menyerahkan keputusan kepada Tokopedia, yang saat ini 75% sahamnya dimiliki oleh TikTok, anak usaha ByteDance. 

Dalam surat keterbukaan informasi, Sekretaris Perusahaan GoTo R A Koesoemahadiani mengklarifikasi mengenai kabar gelombang PHK karyawan Tokopedia sebanyak 70%, yang dimulai pada Juni 2024. 

Mengingat bahwa GOTO merupakan pemegang saham bukan pengendali minoritas, kata Koesoemahadiani, maka sepanjang pengetahuan terbaik Perseroan, Perseroan meyakini bahwa PT Tokopedia terus melakukan tinjauan atas efektivitas darı organisasi mereka (seperti halnya perusahaan lain). 

“Segala keputusan yang diambil oleh PT Tokopedia merupakan hal yang akan ditentukan secara penuh oleh manajemen PT Tokopedia,” kata Koesoemahadiani dalam surat tersebut, dikutip Kamis (13/6/2024).

Koesoemahadiani menambahkan sebagai pemegang saham bukan pengendali minoritas, GoTo meyakini bahwa manajemen PT Tokopedia akan dapat mengambil keputusan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian dengan mempertimbangkan berbagai penilaian untuk memastikan hasil terbaik bagi PT Tokopedia dan seluruh pemangku kepentingan. 

Koesoemahadiani tidak membantah atau membenarkan mengenai kabar PHK tersebut. Namun, terkait penghentian hampir 80% layanan Tokopedia serta dampaknya terhadap kegiatan operasional, kondisi dan lain sebagainya, GoTo menyampaikan bahwa hal tersebut tidak benar. 

“Sepanjang pengetahuan terbaik Perseroan, dalam kapasitas GOTO sebagai pemegang saham bukan pengendali minoritas PT Tokopedia, tidak ada rencana penghentian hampir 80% layanan Tokopedia,” kata Koesoemahadiani.

Sementara itu sumber anonim Bloomberg, Rabu (12/6/2024) mengatakan ByteDance mengurangi staf di seluruh tim e-commerce, termasuk periklanan dan operasional, sebagian untuk menghilangkan fungsi duplikat, kata sumber tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena diskusi tersebut belum dipublikasikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper