Merger EXCL - Fren Dikebut, Axiata Usik Pasar ISAT - TLKM

Rika Anggraeni
Jumat, 14 Juni 2024 | 09:00 WIB
Kantor Axiata/Bloomberg
Kantor Axiata/Bloomberg
Bagikan

Spektrum frekuensi

Namun, Merza menuturkan bahwa emiten telekomunikasi bersandi saham FREN itu menginginkan merger dilakukan sesegera dan secepat mungkin. Akan tetapi, tambah Merza, tahap due diligence bergerak dinamis, di mana Smartfren dan XL Axiata masih mencari data dan informasi lebih lanjut, mulai dari keuangan, teknologi, hingga legal.

“Penginnya kesimpulan due diligence dapat dicapai dalam waktu yang tidak terlalu lama. Tetapi kan ini proses yang dinamis, karena kita tahu kita ingin mempelajari semua yang ada di masing-masing [perusahaan],” jelasnya.

Managing Director Sinar Mas Ferry Salman mengatakan para pihak memiliki pandangan jika rencana transaksi ini akan memberikan manfaat bagi Indonesia, sektor telekomunikasi dan para pemangku kepentingan, dengan lebih efektif mendukung aspirasi dan kebutuhan digital Indonesia. 

"Saat ini seluruh proses berlangsung sesuai ketentuan dan regulasi yang diberlakukan Pemerintah Indonesia. Kami berupaya agar kehadiran entitas baru hasil konsolidasi dapat memberikan manfaat tidak saja bagi para pemegang saham dan karyawan, namun juga khalayak pengguna serta industri telekomunikasi Indonesia pada umumnya," kata Ferry dalam keterangan resminya, Rabu (15/5/2024). 

Dia melanjutkan, konsolidasi operasi menurut Ferry sejalan dengan strategi pengembangan portofolio bisnis pilar usaha Sinar Mas yang proaktif membuka kesempatan memperoleh nilai tambah dari seluruh aktivitas bisnis yang dilakukan. 

“Sebagai bagian dari strategi ini, kami selalu mempertimbangkan berbagai opsi, termasuk konsolidasi, untuk mempercepat pertumbuhan serta keberlanjutan bisnis kami,” ujarnya.

Pekerja Smartfren melayani pelanggan
Pekerja Smartfren melayani pelanggan

Menurut Ferry, setelah rencana transaksi ini selesai, entitas gabungan ini akan dikendalikan bersama sesuai dengan syarat tata kelola yang akan dibahas dan dirincikan. Entitas gabungan ini berharap dapat memberikan pengalaman pelanggan yang unggul di sektor telekomunikasi, dan menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham melalui sinergi dari kombinasi operasi FREN dan EXCL. 

Ferry melanjutkan para pemegang saham optimistis dan berkomitmen kepada masa depan telekomunikasi di Indonesia. 

Spektrum

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo Ismail mengatakan bahwa Kemenkominfo telah menerima surat pemberitahuan Memorandum of Understanding (MoU) non-binding alias tidak mengikat yang dilakukan pemilik perusahaan, Axiata dan Sinar Mas.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper