Zoho Workplace: Alternatif Terbaik Google Workspace yang Lebih Hemat

Media Digital
Rabu, 12 Juni 2024 | 13:43 WIB
Foto: Zoho Workplace: Alternatif Terbaik Google Workspace yang Lebih Hemat
Foto: Zoho Workplace: Alternatif Terbaik Google Workspace yang Lebih Hemat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini Google Workspace mengumumkan kenaikan harga hingga 20%. Tentunya kenaikan harga ini menjadi pertimbangan bagi para pelaku bisnis di Indonesia untuk mencari alternatif lain yang lebih terjangkau.

Salah satu alasan untuk beralih adalah pembayaran yang masih menggunakan dolar. Dengan nilai tukar dolar yang semakin tinggi, beban anggaran bisnis tentu menjadi lebih berat.

Hal ini bukan kondisi ideal untuk bisnis, mengingat penggunaan aplikasi Office untuk menunjang produktivitas kerja adalah hal yang wajib dan tidak bisa lepas dari bisnis apapun di era digital.

Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda salah satu aplikasi Office terbaik yang ada di Indonesia, Zoho Workplace, yang lebih terjangkau dan fleksibel, dibandingkan Google Workspace yang lebih konvensional.

Hal ini relevan untuk bisnis yang banyak menggunakan aplikasi Office untuk melakukan pekerjaan sehari-hari dan mengonfigurasi tim yang terus berkembang.

Mengapa Banyak yang Beralih ke Zoho Workplace?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa akhir-akhir ini banyak bisnis mulai beralih ke Zoho Workplace yang lebih baik dan terjangkau.

1. Skalabilitas yang Lebih Baik

Salah satu keunggulan dari Zoho Workplace adalah penggunaan paketnya tidak ada batasan maksimal jumlah karyawan.

Jadi, jika bisnis Anda memiliki banyak karyawan dengan kebutuhan yang berbeda-beda, Anda tidak perlu khawatir harus upgrade ke paket yang lebih tinggi. Tiap karyawan dapat menggunakan paket yang berbeda.

Di sisi lain, Google Workspace memiliki paket standar yang punya batasan pengguna hingga 300 orang. Hal ini akan menyulitkan para pemilik bisnis yang memiliki karyawan dengan jumlah lebih dari itu, karena harus beralih ke paket yang lebih mahal.

Storage yang Zoho Workplace tawarkan juga lebih leluasa jika dibandingkan dengan Workspace. Zoho Workplace menyediakan storage terpisah antara email dan dokumen.

Storage untuk email diberikan sebesar 100 GB untuk email dan 1 TB untuk penyimpanan dokumen.

2. Tanpa Fitur "Gimmick" yang Tak Perlu

Dengan menggunakan Zoho Workplace, Anda bisa menikmati fitur-fitur yang mendukung pekerjaan seperti Zoho Writer untuk menulis dokumen, Zoho Sheet untuk spreadsheet, dan Zoho Show untuk presentasi dengan penggunaan tak terbatas.

Zoho Workplace juga memiliki sistem email, workdrive, dan ruang meeting online tersendiri. Sehingga Anda tidak memerlukan banyak aplikasi untuk melakukan pekerjaan.

Anda hanya membutuhkan Zoho Workplace untuk menunjang semua produktivitas pekerjaan.

Sementara itu, paket pemula dan standar pada Workspace menawarkan tambahan fitur AppSheet dan Sites yang secara fungsi tidak dibutuhkan untuk menunjang produktivitas pekerjaan karyawan di perusahaan.

3. Proses Migrasi yang Mudah

Apabila Anda sudah memantapkan diri untuk berlangganan Zoho Workplace, Anda tidak perlu khawatir karena proses migrasinya sangat mudah.

Anda bisa melakukan migrasi mandiri dengan tutorial yang diberikan atau Anda bisa meminta bantuan kepada agen khusus dukungan pelanggan yang akan selalu siap membantu anda 24/7.

Untuk lamanya waktu migrasi, biasanya tergantung pada kecepatan jaringan dan ukuran file atau mailbox yang akan dimigrasi. Biasanya mailbox dengan ukuran 1 GB perlu 15 menit untuk melakukan migrasi.

4. Biaya Lebih Hemat, Fitur Lebih Hebat

Jika Anda memilih untuk berlangganan menggunakan Zoho Workplace, tentunya hal ini akan meringankan anggaran bisnis dan produktivitas pekerjaan Anda menjadi lebih efisien.

Zoho Workplace menyediakan dua pilihan paket yaitu Standard dan Professional. Dengan berlangganan paket Standard anda hanya perlu membayar sekitar 45 ribuan/pengguna/bulan.

Anda bisa menggunakan mail, workdrive, office suite, cliq, dan meeting yang secara fungsi sama dengan aplikasi Office lainnya, bahkan dengan fitur-fitur yang lebih hebat.

Pada paket Professional, Anda akan mendapat keleluasaan lebih dari sisi storage, jumlah peserta meeting dan masih banyak lagi. Untuk paket Professional ini sendiri bisa dinikmati dengan harga 80 ribuan/pengguna/bulan.

Selain dua paket tersebut, ada juga paket Mail untuk layanan email bisnis saja dengan harga 14 ribuan/pengguna/bulan.

Dengan opsi ini, perusahaan tentunya bisa lebih berhemat karena biasanya ada sebagian karyawan yang hanya butuh akses ke layanan email kantor saja.

Jika membandingkan dengan Workspace, Anda akan menghabiskan sekitar 12 dolar AS atau sekitar 192 ribuan/pengguna/bulan untuk paket standar dengan batasan berlangganan hingga 300 pengguna dan penyimpanan sebesar 2 TB yang merupakan penyimpanan gabungan.

Jika pengguna lebih dari 300, maka Anda harus upgrade ke paket tertinggi Workspace dengan harga 18 dolar AS atau sekitar 280 ribuan/pengguna/bulan.

Selain itu, Google tidak memberikan opsi email bisnis saja, sehingga setidaknya Anda harus berlangganan paket pemula dengan harga 6 dolar AS, atau sekitar 95 ribuan/pengguna/bulan hanya untuk keperluan beberapa email domain kustom.

Dengan budget di bawah 100 ribuan/pengguna/bulan, Anda sudah bisa menikmati paket tertinggi Zoho Workplace, sedangkan pada Workspace Anda hanya mendapat paket paling rendah.

Selain itu, salah satu fitur yang akan Anda dapatkan yang tidak Anda dapatkan di Google Workspace apabila berlangganan Zoho Workplace adalah adanya intranet social yang bisa Anda gunakan sebagai platform social media dan komunikasi internal di perusahaan Anda.

Selain itu dengan pendekatan unified platform yang diadopsi Zoho Workplace, membuat semua proses dan kolaborasi kerja Anda lebih lancar dengan integrasi bawaan.

Anda tidak perlu lagi repot berpindah tab saat bekerja atau memikirkan integrasi antar fitur dan juga mengelolanya.

Zoho Workplace, Jawaban untuk ROI yang Maksimal

Zoho Workplace menawarkan keuntungan yang signifikan, terutama dalam hal paket yang dapat disesuaikan biayanya.

Dengan menggunakan Zoho Workplace Anda bisa berlangganan paket yang menyediakan storage yang fleksibel, sehingga memudahkan produktivitas pekerjaan Anda.

Fitur ini memfasilitasi manajemen data yang fleksibel dan dapat mengoptimalkan pemanfaatan penyimpanan di seluruh organisasi.

Anda bisa menghemat anggaran lebih dari 50% jika menggunakan Zoho Workplace. Anda juga tidak perlu khawatir tentang fluktuasi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat, karena Zoho Workplace memiliki harga tetap dalam Rupiah.

Jika Anda masih belum yakin, jangan ragu untuk memanfaatkan fitur coba gratis 15 hari Zoho Workplace untuk mengeksplorasi lebih lanjut di sini!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper