Pengguna Binance Cetak Rekor, Jumlahnya Hampir Sebanyak Penduduk Se-Indonesia

Mutiara Nabila
Selasa, 11 Juni 2024 | 09:08 WIB
Logo Binance/bloomberg
Logo Binance/bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Binance, bursa mata uang kripto terbesar di dunia, memecahkan rekor dengan jumlah pengguna melampaui 200 juta orang, nyaris se-Indonesia. 

Pencapaian ini menempatkan bursa ini pada posisi pengaruh yang unik, terlebih dengan pendirinya, Changpeng Zhao yang kini tengah mendekam di penjara.

Pertumbuhan luar biasa ini tercermin dalam kepemilikan besar Binance. Menurut DefiLlama, bursa tersebut mengelola dana pengguna sebesar US$120,86 miliar. Ini berarti rata-rata US$604.295 per pengguna, yang menunjukkan aktivitas keuangan yang cukup besar dalam platform ini.

Dominasi Binance di pasar juga dibuktikan lebih lanjut dengan posisinya sebagai bursa terpusat terbesar, melampaui pesaing terdekatnya, OKX, dengan dana kelolaan hampir US$100 miliar.

Lonjakan jumlah penggunanya juga bertepatan dengan tonggak penting bagi token asli Binance, BNB. Baru-baru ini, harga mencapai titik tertinggi sepanjang masa di US$721,8, menandai momen penting bagi mata uang kripto.

Dengan kapitalisasi pasar saat ini sebesar US$100,57 miliar, BNB kini menjadi aset digital terbesar keempat, hanya tertinggal di belakang Bitcoin, Ethereum, dan USDT. Pencapaian ini turut memperkuat status BNB di eselon teratas pasar mata uang kripto.

Binance sendiri dibentuk oleh Changpeng Zhao pada 2018. Namun, lantaran adanya kasus fraud pencucian uang, saat ini Zhao tengah mendekam di penjara.

Namun, hal itu tidak menutup kesempatannya tetap menjadi salah satu orang terkaya dunia. Menurut Bloomberg, kekayaan bersihnya adalah US$43 miliar, dan diperkirakan akan terus bertambah, meskipun dia dipenjara, karena booming di pasar mata uang kripto.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper