Rumor Fitur-Fitur Canggih yang Bakal Hadir di iPhone 16

Rika Anggraeni
Minggu, 9 Juni 2024 | 16:00 WIB
iPhone 15 Pro/dok. tangkapan layar Instagram
iPhone 15 Pro/dok. tangkapan layar Instagram
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Rumor fitur iPhone 16 terus mencuat menjelang Konferensi Pengembang Seluruh Dunia atau Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 digelar pada 10 Juni 2024 hingga 14 Juni 2024.

Kabarnya, iPhone 16 diprediksi memiliki layar yang lebih besar, bezel yang tipis, lensa zoom yang lebih, hingga fitur baru yang didukung kecerdasan buatan (AI). Namun, iPhone 16 diperkirakan akan tiba dalam waktu empat bulan lagi.

Dilansir dari CNET pada Minggu (9/6/2024), berikut adalah rumor iPhone 16, mulai dari kamera, desain, warna, hingga tanggal rilis:

1. Bezel Lebih Tipis

Rumor tentang ukuran layar yang lebih besar semakin banyak, setidaknya untuk beberapa model iPhone 16 tertentu.

Menurut laporan the Elec pada April menyebutkan bahwa beberapa model iPhone 16 tertentu siap mengadopsi teknologi layar inovatif, yang menghasilkan bezel yang lebih tipis atau bingkai di sekitar layar ponsel. Perkembangan ini dapat berarti area layar yang sedikit lebih besar untuk beberapa model iPhone 16, meski tidak jelas untuk model mana.

Laporan tersebut mengatakan bahwa produsen layar telah memperkenalkan teknologi struktur pengurangan tepi yang baru, memungkinkan rangkaian sirkuit kontrol yang lebih kompak dan pada akhirnya menghasilkan bezel yang lebih tipis.

2. Layar Lebih Besar

Perlu diketahui, Apple telah mempertahankan dua ukuran layar untuk model iPhone Pro sejak 2020 ketika diluncurkan iPhone 12 Pro 6,1 inci dan iPhone 12 Pro Max 6,7 inci. Namun, itu kabarnya akan berubah dengan model iPhone 16 Pro, yang mungkin mendapatkan layar yang lebih besar.

Analis layar Ross Young menyarankan awal tahun ini model iPhone 16 Pro akan memiliki layar yang lebih besar, dengan ukuran 6,3 inci untuk iPhone 16 Pro dan 6,9 inci untuk iPhone 16 Pro Max.

Model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus diyakini akan tetap menggunakan ukuran 6,1 inci dan 6,7 inci saat ini. Jika peningkatan ukuran ini akurat, itu akan menjadi langkah lain dari Apple untuk membedakan model iPhone Pro-nya dari yang biasa.

Ukuran layar iPhone 15:

  • iPhone 15: 6,1 inci
  • iPhone 15 Plus: 6,7 inci
  • iPhone 15 Pro: 6,1 inci
  • iPhone 15 Pro Max: 6,7 inci

Rumor ukuran layar iPhone 16:

  • iPhone 16: 6,1 inci
  • iPhone 16 Plus: 6,7 inci
  • iPhone 16 Pro: 6,3 inci
  • iPhone 16 Pro Max: 6,9 inci

3. Fitur AI

Pada awal Mei, CEO Tim Cook menyatakan bahwa dia berharap Apple memiliki keunggulan dalam AI. Pasalnya, Apple dianggap tertinggal dari sisi AI.

Laporan pada September dari The Information mengatakan bahwa Apple berencana untuk menggunakan Large Language Model (LLM) yang merupakan bagian penting dari AI generatif untuk membuat Siri lebih pintar. Laporan tersebut mengatakan bahwa fitur ini diharapkan akan dirilis dengan pembaruan perangkat lunak iPhone tahun depan.

4. Desain iPhone 16

Pada bulan Maret, AppleInsider mempublikasikan koleksi foto yang diduga menampilkan model dummy iPhone 16 dan iPhone 16 Pro yang dirancang dengan printer 3D. Gambar-gambar itu mengungkap bahwa iPhone 16 mungkin memiliki tumpukan kamera vertikal sebagai lawan dari tumpukan diagonal dan tombol aksi, mirip dengan yang ada pada iPhone 15 Pro tahun lalu.

5. Kamera

Kamera iPhone 16 dikabarkan memiliki fitur memperbesar atau zoom yang lebih panjang. Baik iPhone 16 Pro maupun iPhone 16 Pro Max bisa memiliki lensa telephoto 5x tahun depan.

Menurut analis Apple Ming Chi Kuo, lensa tetra prism akan menjadi fitur kedua model Pro tahun depan, tidak hanya model Pro Max. Apple melengkapi iPhone 15 Pro dengan kamera zoom optik 3x 12 megapiksel (MP), sementara iPhone 15 Pro Max memiliki kamera zoom optik 5x 12 MP, yang setara dengan lensa 120mm pada kamera full-frame.

Menurut bocoran terbaru yang ditemukan oleh MacRumors, Apple mungkin sedang menjelajahi pendekatan baru untuk meningkatkan kualitas foto. Rumor tersebut menyarankan bahwa perusahaan dapat menambahkan teknologi anti-reflective ke proses pembuatan kamera.

6. Prosesor iPhone 16

Berbeda dengan dua tahun terakhir, semua empat model iPhone 16 tampaknya akan mendapatkan chipset Apple generasi berikutnya, yang semuanya akan menerima A18.

Menurut laporan MacRumors, keempat model tersebut akan memiliki chip seri A18 dengan model iPhone Pro mendapatkan A18 Bionic Pro dan model dasar mendapatkan A18 biasa.

Perlu diketahui, iPhone 15 dan 15 Plus saat ini memiliki A16 Bionic, yang debut pada iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max 2022, sedangkan iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max menggunakan prosesor A17 Pro.

7. Warna

Analisis Apple yang terkenal, Ming-Chi Kuo, memiliki prediksi warna untuk model iPhone 16. Kuo mengatakan bahwa opsi warna biru dari iPhone 15 Pro akan dihentikan dan digantikan dengan model rose yang baru, yang akan tersedia untuk iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. Dia juga memprediksi bahwa iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan tersedia dalam warna putih, menggantikan model kuning.

8. Tanggal Rilis

Apple biasanya mengadakan acara iPhone tahunannya pada bulan September hampir setiap tahun, sehingga Apple diprediksi akan melakukan hal yang sama untuk iPhone 16.

Ponsel baru biasanya dirilis segera setelahnya, biasanya pada Jumat minggu berikutnya. Namun, terkadang Apple akan menunda tanggal rilis untuk model-model tertentu, terutama ketika memperkenalkan desain atau ukuran baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper