Moratelindo Memperkenalkan MoNICA Secara Private ke ISP di Bali

Media Digital
Jumat, 31 Mei 2024 | 10:22 WIB
Foto: Moratelindo Memperkenalkan MoNICA Secara Private ke ISP di Bali
Foto: Moratelindo Memperkenalkan MoNICA Secara Private ke ISP di Bali
Bagikan

Bisnis.com, MANGUPURA - PT Mora Telematika Indonesia Tbk atau Moratelindo memperkenalkan secara resmi produk terbaru Moratelindo Network Interconnect and Content Autonomus (MoNICA) di Legian, Kabupaten Badung.

Pengenalan MoNICA dilakukan dengan cara diskusi private mengundang perwakilan dari perusahaan penyedia internet service provider (ISP) di Bali, serta dari kota Banyuwangi, Jember hingga Lumajang (Jawa Timur) serta dari Nusa Tenggara Barat (NTB) di salah satu hotel bintang lima di Kawasan Legian, Kabupaten Badung. Wholesale Commercial Regional Jawa Bali Moratelindo Ibnu Hadis Santika mengharapkan dari pengenalan MoNICA, pelaku ISP di tiga daerah menjadi lebih paham, dan mengenal produknya lebih rinci.

“Saat ini khusus di Bali biar acaranya lebih private untuk temen ISP, jadi teman lebih paham dan mengerti,” ujar Ibnu, Kamis (30/05/2024).

MoNICA merupakan produk Moratelindo yang difokuskan ke konten dan exchange. MoNICA adalah Neutral Internet Exchange (NIE) berkelas dunia yang menghadirkan jaringan berkualitas tinggi dan konten beragam bagi pengguna internet di Indonesia. Salah satu keunggulan MoNICA terletak pada platform peering yang kuat, terbuka, dan netral.

Platform ini tidak hanya memfasilitasi pertukaran lalu lintas internet diantara anggotanya, tetapi juga mempromosikan keterbukaan untuk peserta lain, menciptakan ekosistem kolaboratif yang mendukung pertumbuhan industri. Dengan MoNICA, pengguna internet di Indonesia dijanjikan koneksi yang lebih cepat ke Remote IXP dan Peering yang Mudah (Peering Publik atau Pribadi), biaya yang lebih efektif, latensi rendah, dan akses ke konten yang lebih beragam.

Dijelaskan oleh Ibnu, MoNICA sangat dibutuhkan oleh ISP di Bali dikarenakan, pasar market di Pulau Dewata yang didominasi kebutuhan untuk konten dan pertukaran internasional. Pertimbangan itulah yang kemudian membuat Moratelindo mengenalkan produk secara private. Di kota-kota lain, pengenalan tidak dilakukan secara private dan Bali berbeda dengan kota lain tersebut.

Keungulan lain MoNICA sehingga tepat di Bali adalah membantu ISP menjadi lebih efisien, karena memangkas biaya untuk IP transit hingga 30 persen. Hal ini terjadi dikarenakan MoNICA memiliki keunggulan bisa langsung terkoneksi dengan 6 data center milik Moratelindo yang salah satunya berada di Bali.

“Artinya broadband mengikuti trend karena ikuti konten yang ngetren untuk segmen market. Jadi itu sangat hemat budgeting teman-teman ISP, tetap mereka beli IP transit tapi berkurang jauh karena konten sudah ada di MoNICA. Efisian secara budgeting, sebelum ada MoNICA harus belanja transit butuh kapasitas besar sekarang bisa dipangkas 20-30 persen efisiensi,” jelasnya.

Bahkan secara khusus traffic MoNICA sudah terpakai hingga 12 Gb, dan kedepan dipercaya akan semakin meningkat kapasitasnya seiring kebutuhan konten dan exchange di Bali sangat besar. Dengan peluncuran MoNICA, Moratelindo membuktikan komitmennya untuk memajukan dunia digital Indonesia, membentuk landasan yang kokoh untuk era baru pengalaman internet yang lebih baik dan inklusif bagi semua. Moratelindo percaya bahwa kolaborasi dan inovasi yang berkesinambungan adalah kunci untuk membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih terkoneksi, inklusif, dan maju dalam dunia digital.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper