KPPU Pelototi Praktik Bisnis Starlink Elon Musk

Rika Anggraeni
Kamis, 30 Mei 2024 | 14:08 WIB
Logo Starlink pada salah satu satelit orbit rendah/dok. tangkapan layar SpaceX
Logo Starlink pada salah satu satelit orbit rendah/dok. tangkapan layar SpaceX
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memastikan akan memantau praktik bisnis internet yang dijalankan satelit orbit bumi rendah Starlink milik Elon Musk selama beroperasi di Indonesia.

Anggota KPPU Hilman Pujana mengatakan bahwa pemantauan itu juga berlaku untuk setiap pemain telekomunikasi, termasuk pemain eksisting.

“Di KPPU, kami pasti akan melakukan monitor, tetapi tidak hanya kepada Starlink, kepada semua pelaku usaha di sektor telekomunikasi juga kIta lakukan pengawasan,” kata Hilman saat ditemui di Gedung KPPU di Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Hilman menyampaikan bahwa pengaturan terkait kompetisi yang sama hingga perilaku pemain telekomunikasi dalam menjalankan bisnis perlu diatur bersama agar pemain telekomunikasi eksisting tetap berjalan.

“Tentunya kami juga ingin yang eksisting juga tetap berjalan, yang baru juga tetap dapat akses untuk menyampaikan jasa atau produknya ke masyarakat,” ujarnya.

Untuk itu, Hilman memastikan bahwa perilaku dan cara berbisnis dari pemain baru maupun eksisting telekomunikasi menjadi ranah pengawasan KPPU.

Meski demikian, KPPU berharap iklim usaha di Indonesia akan tetap berjalan kondusif seiring masuknya pemain baru seperti Starlink yang diharapkan tak mengganggu pemain eksisting.

“Agar tetap bisa berusaha dan berkembang untuk bisa memberikan baik pilihan maupun kesejahteraan juga bagi masyarakat Indonesia,” sambungnya.

Sementara itu, Anggota KPPU Eugenia Mardanugraha mengatakan bahwa persaingan di dunia bisnis merupakan hal biasa. Menurutnya, dengan masuknya pemain baru seperti Starlink bukan menjadi ancaman bagi pemain eksisting, melainkan merupakan hal yang bagus untuk iklim usaha.

“Justru itu di situ malahan bagus bagi iklim usaha, bagi iklim persaingan karena dengan adanya persaingan kualitas daripada produk itu akan bertambah baik, harga juga sangat bisa bersaing satu sama lain,” ujar Eugenia.

Eugenia memastikan bahwa kehadiran Starlink akan membuat persaingan menjadi sehat di antara perilaku usaha di pasar internet.

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper