Rumor Apple: MacBook dan iPad Lipat Siap Meluncur 2026, iPhone Lipat Kapan?

Restu Wahyuning Asih
Minggu, 26 Mei 2024 | 13:28 WIB
Logo Apple di satu toko Apple di Munich, Jerman/Reuters
Logo Apple di satu toko Apple di Munich, Jerman/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple dirumorkan siap meluncurkan gadget lipat pertama miliknya pada 2026. Gadget lipat pertama dari Apple yang akan dirilis yakni Macbook ukuran 18inch dan 20inch.

Namun disinyalir, Apple juga akan mengeluarkan lebih dari satu perangkat lipat untuk memanjakan penggemarnya.

Laporan baru dari analis Apple terkemuka, Ming-Chi Kuo, mengungkapkan lebih banyak tentang perangkat lipat hybrid Apple di masa depan. Dia yakin perusahaan tidak akan mampu merilis hanya satu, tapi kemungkinan dua perangkat lipat pada paruh pertama tahun 2026.

Meskipun rumor sebelumnya menyebutkan bahwa Apple akan menggunakan layar 20 inci, Kuo mengatakan bahwa Apple juga mempertimbangkan panel 18,8 inci.

Saat ditutup, versi 20 inci dilaporkan akan terlihat mirip dengan MacBook berukuran 14 hingga 15 inci, sedangkan perangkat 18,8 inci akan terlihat seperti MacBook berukuran 13 hingga 14 inci.

Apple bekerja sama dengan LG Display untuk membuat layar lipat “sebisa mungkin bebas kusut,” kata Kuo.

Perangkat tersebut dilaporkan akan menampilkan prosesor M5 Apple dan dapat mulai diproduksi segera pada akhir tahun depan.

Analis rantai pasokan Ross Young, pertama kali memperhatikan perangkat lipat 20 inci Apple pada tahun 2022, sebuah rumor yang kemudian didukung oleh Mark Gurman dari Bloomberg.

Saat itu, Gurman mengatakan iPad/MacBook hybrid dapat menampilkan tampilan layar ganda tanpa keyboard fisik dan trackpad.

Pada 2022, media asal Korea bernama The Elec juga memaparkan kapan Apple siap meluncurkan gadget lipatnya. Apple pun dirumorkan akan mengusung layar buatan Samsung berupa layar OLED ke iPad dan MacBook miliknya.

MacBook lipat bukan satu-satunya perangkat lipat yang dikabarkan sedang dikerjakan Apple. Pada bulan Februari, laporan dari The Information mengungkapkan bahwa Apple masih mengerjakan setidaknya dua prototipe iPhone lipat yang ditutup secara horizontal.

Rumor juga menunjukkan bahwa Apple sedang mengembangkan iPad lipat, yang menurut Gurman masih dalam “tahap awal”. Perusahaan dilaporkan fokus untuk menghilangkan lipatan yang terlihat pada layar lipat iPad, sesuatu yang masih coba disempurnakan oleh Samsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper