Satya Nadella Bertemu Jokowi, Microsoft Mau Bangun Data Center Rp14 Triliun?

Rika Anggraeni
Selasa, 30 April 2024 | 09:59 WIB
Logo Microsoft/ Bloomberg
Logo Microsoft/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan CEO Microsoft Satya Nadella akan mengucurkan investasi lebih tinggi dibandingkan CEO Apple Tim Cook. Kucuran investasi yang digelontorkan Satya Nadella disebut-sebut untuk data center atau pusat data di Indonesia.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Usman Kansong menyebut Satya Nadella akan menanamkan investasinya lebih dari Rp14 triliun.

“Infonya seperti itu, [Microsoft investasi] senilai lebih dari Rp14 triliun [di Indonesia]. Investasi data center,” kata Usman kepada Bisnis, Selasa (30/4/2024).

Sayangnya, Usman tidak memberikan informasi lebih lanjut terkait jenis data center yang dimaksud dan lokasi data center di Tanah Air.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pernah menyampaikan bahwa Satya Nadella akan mengucurkan investasi dengan nilai lebih tinggi dibandingkan bos Apple Tim Cook.

“Ada [investasi], itu gede [nilainya]. Nanti, jangan saya yang ngomong. Ada [investasi], mereka [Microsoft] gede [investasi]. Mereka sudah ngomong ke saya, tetapi saya bilang jangan saya yang ngomong, kan saya Menkominfo RI, bukan humas Microsoft,” ujar Budi saat ditemui di Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Kucuran investasi yang digelontorkan Microsoft di Indonesia terbilang lebih tinggi dibandingkan Apple.

Sekadar informasi, CEO Apple Tim Cook telah lebih dulu berkunjung ke Indonesia dengan menggelontorkan Rp1,6 triliun untuk melanjutkan pembangunan program pengembangan talenta IT, yaitu Apple Developer Academy.

Program pengembangan tersebut berada di empat titik wilayah di Indonesia dengan total nilai investasi mencapai Rp1,6 triliun.

Apple telah mengucurkan investasi senilai Rp1,2 triliun untuk tiga akademi di Apple Developer Academy, yaitu di Jakarta, Surabaya, dan Batam. Kini, Apple kembali menambah investasi dengan membangun program Apple Developer Academy di Bali, sehingga nilai investasinya mencapai Rp1,6 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper