Ilmuwan Buat Proyek Cegah Kiamat Gletser di Antartika, Makan Biaya Rp793 Triliun

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 29 Maret 2024 | 01:45 WIB
Ilmuwan Buat Proyek Cegah Kiamat Gletser di Antartika, Makan Biaya Rp793 Triliun/Istimewa
Ilmuwan Buat Proyek Cegah Kiamat Gletser di Antartika, Makan Biaya Rp793 Triliun/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang ilmuwan bernama John Moore tengah menjalankan misi untuk memperlambat pencairan gletser Antartika terluas di dunia, yang dijuluki 'gletser kiamat', yang bisa menciptakan malapetaka terhadap dunia.

Gletser Thwaites seluas 74.000 mil persegi, yang terletak di tepi barat Antartika, kehilangan sekitar 50 miliar ton es lebih banyak daripada yang diterimanya saat hujan salju baru.

Dilansir dari dailymail,Profesor Moore mengatakan bahwa dia dan rekan-rekannya ingin menghentikan menyusutnya gletser dengan memasang tirai sepanjang 62 mil di depannya untuk menghalangi air laut hangat mencairkan bagian bawahnya.

Mencairnya saja sudah menyumbang sekitar empat persen terhadap kenaikan permukaan air laut dunia, dan jika mencair seluruhnya, maka akan menaikkan permukaan air laut di seluruh dunia sebanyak 10 kaki -itulah sebabnya ia mendapat julukan yang tidak menyenangkan.

Kenaikan permukaan air laut sebesar itu akan menempatkan kota-kota pesisir di seluruh dunia pada risiko serius terjadinya banjir besar.

Rencana mereka adalah memasang tirai raksasa sepanjang 62 mil dasar laut untuk menghalangi sebagian besar air hangat mencairkan gletser dari bawah.

Perkiraan biaya proyek itu yakni $50 miliar. Moore mengatakan dia optimis bahwa 29 negara yang tergabung dalam Perjanjian Antartika akan menanggung biayanya.

Sebagian besar es yang hilang di Thwaites berasal dari bawah, tempat air hangat dan asin yang bersirkulasi jauh di dalam laut mengikisnya.

Saat iklim menghangat, arus laut dalam menjadi lebih hangat, sehingga mencairkan bagian bawah gletser lebih cepat.

Dengan suhu laut yang lebih hangat, siklus pembekuan kembali musim dingin semakin berkurang setiap tahunnya untuk memulihkan es yang mencair.

Kadang-kadang, gletser akan pecah istilah ilmiah untuk ketika sebagian besar permukaan gletser jatuh.

Tapi ini hanyalah tanda nyata dari masalah pencairan air di bawah air yang jauh lebih serius.
Kadang-kadang, gletser akan pecah – istilah ilmiah untuk ketika sebagian besar permukaan gletser jatuh.

Tapi ini hanyalah tanda nyata dari masalah pencairan air di bawah air yang jauh lebih serius.

Sebelum revolusi industri, ketika manusia mulai melepaskan jutaan ton CO2 dan gas rumah kaca lainnya ke atmosfer bumi, gletser Thwaites dan gletser lainnya mengalami siklus penipisan dan penebalan yang normal.

Di musim dingin, gletser akan membesar seiring dengan menebalnya es, dan di musim panas gletser akan menyusut kembali seiring dengan menipisnya es.

Namun, ketika bumi memanas, terjadi lebih banyak penebalan daripada penipisan.

Pada tingkat tertentu, proses ini akan terjadi terlepas dari adanya pemanasan global, kata John Moore, profesor riset perubahan iklim di Pusat Arktik Universitas Lapland di Finlandia.

Namun, pada titik tertentu, pencairannya terlalu banyak.

Mereka berencana memasang tirai di dasar Laut Amundsen, menghalangi arus bawah laut menghantam bagian bawah Gletser Thwaites.

Ditahan oleh tepi atas yang mengapung dan ditambatkan di dasar, tirai tersebut akan mengapung di dasar lautan, tidak terlihat dari permukaan air.

Menerapkannya tanpa merusak gletser tidak akan menjadi masalah, kata Moore.

Tantangan terbesarnya, kata Moore, bukanlah tentang menghindari kerusakan lebih lanjut pada gletser, melainkan tentang keselamatan orang-orang yang memasang tirai tersebut.

“Kondisi yang keras, musim kerja yang singkat dengan cahaya matahari yang cukup, dan bahaya dari banyaknya gunung es yang ada di sekitar” merupakan tantangan terbesar, katanya.

Masih membutuhkan waktu bertahun-tahun sebelum mereka memasang tirai tersebut, namun Moore dan rekan-rekannya di Universitas Cambridge saat ini sedang mengerjakan simulasi komputer untuk mendapatkan desain yang tepat, serta 'beberapa uji tangki skala kecil, pada dasarnya dengan tangki ikan.'

Selanjutnya, mereka berencana memasang prototipe di River Cam di Cambridge musim panas mendatang.

Jika semua ini berjalan sesuai rencana, Moore dan timnya akan melihat apakah penduduk Greenland ingin menggunakannya - serta apakah kesepakatan dapat dibuat untuk memasang tirai di Antartika guna melindungi Gletser Thwaites, tentu saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper