Telkom (TLKM) dan NEC Kolaborasi Bangun Jaringan Smart City IKN

Redaksi
Rabu, 20 Maret 2024 | 17:43 WIB
Ilustrasi smart city/Reuters
Ilustrasi smart city/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) dan NEC Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman untuk mempercepat digitalisasi di Tanah Air, termasuk mendukung hadirnya smart city di Ibu Kota Negara (IKN). 

Smart City yang hadir di IKN dan kota-kota lainnya diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan layak huni bagi masyarakat dengan mengadopsi teknologi digital dalam system operasional kota. 

VP Network/IT Strategy, Technology & Architecture Telkom Indonesia Ermono Liman Prabowo mengatakan Telkom Indonesia dan NEC Indonesia akan merumuskan strategi, roadmap, desain, dan implementasi Smart City untuk kota-kota di Indonesia dengan fokus pertama pada pengembangan di IKN yang rencananya akan beroperasi pada 2024. 

“Telkom Indonesia berkomitmen kuat untuk mempercepat digitalisasi di seluruh Indonesia melalui konektivitas, platform dan layanan digital khususnya dalam membangun IKN menjadi smart city,” ujar Liman yang juga menjabat sebagai  Ketua Satuan Tugas Penyiapan Layanan Information and Communication Technology (ICT) untuk Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (20/3/2024).

Liman menambahkan Telkom saat ini juga tengah membangun Telkom Smart Office di kawasan IKN sebagai upaya penguatan pengembangan IKN dengan infrastruktur digital yang lengkap antara lain Konektivitas Digital, Platform Digital, dan Layanan Digital. 

Sementara itu, Presiden Direktur, NEC Indonesia Joji Yamamoto mengatakan sebagai mitra lama dan terpercaya dari Telkom Indonesia, akan membantu dan berkolaborasi dengan Telkom dalam percepatan pengembangan Smart City bagi Ibu Kota Nusantara (IKN) dan kota-kota lain di Indonesia.

NEC memahami bahwa setiap kota memiliki pendekatan dan kebutuhan yang berbeda-beda dalam menciptakan ruang yang layak huni juga berkelanjutan bagi warganya. 

“NEC telah mendukung banyak kota di dunia dengan berfokus pada penanggulangan tantangan sosial melalui transformasi digital dalam tata kelola, lingkungan, masyarakat, dan ekonomi untuk memperkaya kehidupan warganya,”kata Joji.

NEC akan menggunakan keahlian globalnya dalam sistem operasi smart city untuk berkolaborasi dengan Telkom Indonesia dalam mengembangkan arsitektur kota pintar dan rekomendasi peta jalan untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) dan kota-kota lain di Indonesia. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper