MyXL dan AXISnet Punya 29 Juta Pengguna 2023, Tumbuh 2 Kali Lipat

Rahmad Fauzan
Selasa, 13 Februari 2024 | 16:51 WIB
Cara cek pulsa XL
Cara cek pulsa XL
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mencatatkan kenaikan jumlah pengguna aplikasi MyXL dan AXISnet, hingga dua kali lipat menjadi 29 juta sepanjang 2023.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan salah satu kunci pertumbuhan tersebut ketertarikan pengguna untuk layanan yang personalisasi. 

“Salah satu kunci pertumbuhan adalah personalisasi penawaran dan layanan. Hasilnya, data net promoter score (NPS) terus meningkat signifikan, sehingga mendorong penggunaan layanan dan membantu meningkatkan pendapatan,” kata Dian, dikutip Selasa (13/2/2024).

Dia menambahkan perusahaan akan menerapkan strategi personalisasi penawaran dan layanan itu tahun ini setelah berhasil mendongkrak kinerja perusahaan.

Sebab, sambungnya, penerapan strategi berbasis digital melalui data analytics juga memungkinkan XL Axiata berinvestasi di area yang bernilai tinggi dan membangun jaringan, termasuk untuk memenuhi permintaan dari seluruh segmen pelanggan.

Data analitik memungkinkan XL Axiata mengevaluasi key performance indicator (KPI) di semua aspek terkait dengan pelanggan, kampanye pemasaran, dan loyalitas pelanggan, sehingga perusahaan dapat merancang strategi yang tepat untuk menghadapi tantangan dan peluang secara presisi.

Kinerja positif XL Axiata juga tergambar dari ekspansi infrastruktur jaringan. XL Axiata menambah jumlah base transceiver station (BTS) sebanyak 14.101 hingga total menjadi 160.124 atau naik 10% YoY.

“Dari jumlah sebanyak itu, 104.993 di antaranya adalah BTS 4G,” kata Dian.

Sementara itu, fiberisasi telah mencapai 61% dari total BTS di berbagai penjuru Indonesia. Fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan BTS melalui jalur fiber dan meregenerasi perangkat-perangkat BTS yang selama ini memakai microwave menjadi fiber.

Fiberisasi terbukti mampu meningkatkan kualitas layanan data 4G, dan sekaligus merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G. Terkait dengan hal itu, XL Axiata mengalokasikan belanja modal (Capex) senilai Rp7,16 triliun .

Perusahaan juga berencana melakukan investasi pengembangan jaringan untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang lebih baik dan meningkatkan penggunaan jaringan yang terus tumbuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper