Apa Itu Aplikasi Dompet Digital, Kelebihan serta Kekurangannya

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 29 Januari 2024 | 16:36 WIB
Pengertian dompet digital atau e-wallet dan contoh dompet digital terpopuler di Indonesia./ Dok Freepik
Pengertian dompet digital atau e-wallet dan contoh dompet digital terpopuler di Indonesia./ Dok Freepik
Bagikan

Kelebihan dan Kekurangan Dompet Digital

Kelebihan Menggunakan Dompet Digital

1. Transaksi Lebih Cepat

Jika dibandingkan dengan melakukan pembayaran konvensional yakni transaksi tunai, penggunaan dompet digital  akan relatif lebih cepat. Ini menghilangkan kebutuhan untuk membawa dompet fisik ketika Anda pergi.

Dengan menggunakan dompet elektronik, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengeluarkan uang tunai atau kartu debit ketika mereka ingin melakukan transaksi.

Selama smartphone berada di dekat Anda, Anda dapat memperoleh akses yang cepat, mudah, aman untuk melakukan transaksi.

2. Terhindar dari penyebaran uang palsu

Pada praktiknya, penggunaan dompet digital menawakan berbagai keamaan kepada para penggunannya. Selain menghindarkan pengguna dari tindak kriminal seperti pencopetan, penggunaan dompet digital dapat menghindarkan Anda dari transaksi penyebaran uang palsu.

Hal ini dikarenakan teknologi uang digital yang tersimpan di dalam e-wallet sendiri masih sulit untuk ditembus dalam hal keamanannya.

3. Menghindari Kontak Fisik

Penggunaan dompet digital dalam transaksi akan membantu menekan penyebaran virus karena dapat memangkas kontak fisik dengan orang lain. 

Kekurangan Menggunakan Dompet Digital 

Meskipun memiliki banyak kelebihan, dompet digital juga memilki beberapa kekurangan yang membuat Anda tetap berpikir untuk membawa dompet fisik. 

bukan berarti dompet digital tidak memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari metode pembayaran dompet digital.

1. Ekosistem belum matang di rural

Tidak semua pedagang memiliki QRIS atau alat yang dapat menerima pembayaran digital. Dengan kondisi itu, maka dompet digital tidak berguna. Hal ini mungkin tidak isu jika di kota-kota besar, tetapi ketika kamu berada di pedalaman disarankan tetap membawa dompet.

 Adanya biaya admin untuk beberapa transaksi.
Masalah lainnya adalah pengguna dibebankan dengan biaya admin yang membuat pengguna harus membayar sedikit mahal jika bertransaksi menggunakan dompet digital.  

2. Hidup jadi lebih konsumtif

Beberapa orang percaya dengan memiliki dompet digital kita hidup lebih konsumtif dan terpicu utnuk membeli sesuatu yang belum tentu berguna. 

Cara Menggunakan Dompet Digital

Anda telah mengetahui macam-macam dompet digital. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Anda hanya perlu mengunduh aplikasi, kemudian membuat akun dan top up saldo. Setelah itu, dompet digital langsung dapat digunakan untuk bertransaksi sesuai kebutuhan Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper