Samsung Galaxy S24 Ultra vs iPhone 15 Pro Max, AI atau Mewah?

Leo Dwi Jatmiko,Taufan Bara Mukti
Sabtu, 20 Januari 2024 | 07:00 WIB
Pengunjung di acara peluncuran iPhone 15 dan sejumlah produk Apple di kampus Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat pada Selasa (12/9/2023). - Bloomberg/David Paul Morris
Pengunjung di acara peluncuran iPhone 15 dan sejumlah produk Apple di kampus Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat pada Selasa (12/9/2023). - Bloomberg/David Paul Morris
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Samsung baru saja meluncurkan Samsung Galaxy S24 Ultra dengan beragam fitur unggulan khususnya perihal kecerdasan buatan (AI). Smartphone ini menjadi penantang bagi iPhone 15 yang muncul tahun lalu dengan tampilan yang lebih mewah dari generasi sebelumnya. Lantas mana yang Anda pilih? 

Samsung Galaxy S24

Dari tiga seri yang dirilis, Samsung Galaxy S24 Ultra menjadi varian premium yang tertinggi di keluarga S24. Secara desain, Samsung Galaxy S24 Ultra tak memiliki banyak perbedaan dari pendahulunya, Samsung Galaxy S23, yang dirilis tahun lalu.

Meski demikian, Samsung Galaxy S24 Ultra memiliki fitur canggih dengan teknologi Artificial Intelligent (AI/kecerdasan buatan). Samsung bahkan melabeli keluarga Galaxy S24 sebagai "Galaxy AI" karena banyak memakai teknologi canggih tersebut.

Salah satu fitur unggulan Samsung Galaxy S24 Ultra adalah "Circle to Search" untuk menggarisbawahi, menyorot, atau menekan apapun di layar yang menampilkan sebuah konten.

Selanjutnya ada fitur "Live Translate" untuk menerjemahkan format teks maupun suara secara real-time dan dua arah. Fitur ini bisa digunakan saat telepon dengan orang yang menggunakan bahasa asing.

Fitur AI lainnya yang dihadirkan adalah "Chat Assist". Dengan fitur ini, pengguna bisa memperbaiki tone bicara saat hendak mengirim pesan atau mengunggah konten di media sosial.

Kamera AI S24 Ultra
Kamera AI S24 Ultra

Fitur "Android Auto" akan merangkum pesan-pesan yang masuk saat pengguna tak bisa membuka ponsel. Dengan teknologi AI, ponsel ini juga akan memberikan saran balasan yang tepat.

Masih banyak fitur-fitur AI lainnya di Samsung Galaxy S24 Ultra, misalnya "Transcript Assist", "Edit Suggestion", "Generative Edit", dan "Space Zoom".

Desain Samsung Galaxy S24 Ultra memiliki tepian datar, bukan melengkung seperti pada Galaxy S23. Meski begitu, ukuran Galaxy S24 Ultra masih sama yakni 6,8 inch dengan resolusi layar QHD+.

Layar Galaxy S24 Ultra menggunakan panel Dynamic AMOLED yang memiliki refresh rate 1-120 Hz dan dilengkapi fitur Vision Booster. Tingkat kecerahan layar Galaxy S24 Ultra ditingkatkan menjadi 2.600 knits dari 1.750 knits pada Galaxy S23.

Untuk urusan dapur pacu, Samsung memasang chip Snapdragon 8 Gen 3 for Galaxy untuk meningkatkan NPU yang berguna dalam pemrograman AI. Smartphone Galaxy S24 Ultra dibekali dengan RAM 12 GB serta memori internal mulai dari 256 GB hingga 1 TB.

Galaxy S24 memiliki 4 kamera di bagian belakang. Untuk kamera utama, memiliki resolusi 200 MP yang mendukung OIS. Adapun 3 kamera lainnya adalah ultrawide 12 MP, telefoto periskop 50 MP dengan zoom 5x, dan telefoto 10 MP dengan zoom 3x.

Kamera S24 Ultra
Kamera S24 Ultra

Kapasitas baterai Galaxy S24 sebesar 5.000 mAh dengan teknologi fast-charging 45 W. Samsung mengklaim ponsel ini dapat mengisi 65% daya hanya dalam 30 menit.

Sistem tatapmuka Galaxy S24 menggunakan One UI 6.1, dengan sistem operasi Android 14. Ponsel ini akan mendapat pembaruan hingga Android 21 dan pembaruan sertifikat keamanan 8 tahun.


iPhone 15 Pro Max

iPhone 15 Pro Max memiliki tepi datar yang terbuat dari titanium dengan bingkai matte agar serasi dengan kaca matte di bagian belakang, dan dilengkapi Pulau Dinamis Apple di bagian atas layar datarnya.

Hal ini mengubah apa yang biasanya merupakan potongan untuk kamera depan menjadi sesuatu yang lebih interaktif dan berguna. Terdapat rumah tiga kamera di sudut kiri atas belakang, sementara tombol baru diposisikan di tepi kiri dalam bentuk Tombol Aksi yang dapat disesuaikan.

Selain itu, iPhone 15 Pro Max memiliki layar datar yang berukuran 6,7 inci sehingga ukurannya sama, dukungan HDR, dan kecepatan refresh antara 1 Hz dan 120Hz. Layar iPhone 15 Pro Max disebut Super Retina XDR.

Resolusi iPhone 15 Pro Max memilih 2796 x 1290 piksel yang memberikan kerapatan piksel 460 ppi, dengan kecerahan puncak iPhone 15 Pro Max yang mencapai 2000 nits. 

Tombol iPhone 15 Pro Max
Tombol iPhone 15 Pro Max

Apple iPhone 15 Pro Max memiliki sistem tiga kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 48 megapiksel dengan aperture f/1.78, sensor ultra lebar 12 megapiksel dengan aperture f/2.2, dan sensor telefoto 12 megapiksel dengan f/2.8 bukaan. 

Beberapa fitur yang tersedia mulai dari mode malam hingga mode malam potret, hingga mengontrol fokus dan kedalaman foto orang, anjing, atau kucing, apa pun mode yang diambil.

Dari segi kemampuan perekaman video, iPhone 15 Pro Max menawarkan perekaman video 4K pada 24 fps, 25 fps, 30 fps, atau 60 fps serta fitur-fitur seperti mode Sinema dan mode Aksi. 

Kamera iPhone 15 Pro Max dengan A17
Kamera iPhone 15 Pro Max dengan A17

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper