Strategi Ampuh: Kampanye Luar Griya yang Efektif dan Efisien

Media Digital
Jumat, 19 Januari 2024 | 17:15 WIB
Foto: Strategi Ampuh: Kampanye Luar Griya yang Efektif dan Efisien
Foto: Strategi Ampuh: Kampanye Luar Griya yang Efektif dan Efisien
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seringkali muncul pertanyaan, bagaimana cara agar kampanye pemasaran di luar griya lebih efektif dan efisien. Menjangkau target audiens yang tepat dan relevan, memiliki fleksibilitas dan kendali penuh terhadap kampanye yang sedang atau akan dijalankan, serta dapat mengurangi proses manual yang acap kali memakan waktu dan biaya. Jawabannya mungkin bisa didapatkan dari apa yang diungkap oleh kedua pakar ini.

Agung Prihambodo, Marketing Director AMG menyampaikan bahwa industri media luar griya (OOH) terus mengalami perkembangan seiring terciptanya inovasi digital. Selama 17 tahun beroperasi sebagai pelopor penyedia media OOH berbasis digital, AMG melihat kebutuhan dan tujuan periklanan kian dinamis.

Ketika OOH berada dalam lingkungan berbasis layar digital yang terhubung dengan data dan teknologi, penggunaan kriteria seperti waktu, konten dan relevansi kontekstual jadi pilar baru penempatan media OOH, sekaligus punya andil besar terhadap perubahan ekosistem media luar griya.

“Di industri ini, satu di antara inovasi digital adalah automasi pada Digital Out-of-Home (DOOH). Konsep kerja ini dapat membantu pemasar ataupun pengiklan untuk menghasilkan kinerja kampanye yang lebih baik dan mengoptimalkan anggaran belanja iklan. Kami percaya kemajuan revolusi periklanan media luar griya dengan perkembangannya akan dapat meningkatkan tingkat adopsi belanja iklan dan membawa industri OOH ke level selanjutnya.” Ungkap Agung.

Automasi DOOH memberikan sejumlah manfaat, terutama dalam efisiensi waktu dan pengelolaan kampanye pemasaran. Secara garis besar, berikut ulasannya:

1.     Efisiensi Perencanaan dan Analisis Prediktif

Automasi mendukung proses perencanaan kampanye DOOH lebih cepat melalui integrasi data demografis, lokasi, dan kontekstual. Memungkinkan pemilihan lokasi dan waktu yang optimal dari analisis prediktif yang dihasilkan oleh algoritma cerdas.

2.     Pembelian Media

Sistem otomatis memungkinkan pembelian ruang iklan lebih efisien dan penawaran secara real-time dengan memastikan nilai terbaik untuk inventaris yang dituju.

3.     Fleksibilitas Kreativitas dan Produksi

Pengiklan memiliki keleluasaan yang sangat besar untuk mencoba dan mengubah berbagai ide kreatif serta menyesuaikan materi iklan berdasarkan dinamika pasar, tren, dan peristiwa terkini. Automasi memungkinkan penargetan yang presisi, penyesuaian materi terhadap karakteristik demografis dan kontekstual tertentu, serta teknologi pemrosesan real-time yang memfasilitasi penyesuaian berdasarkan perilaku audiens pada saat itu. Sehingga perubahan pada lingkungan media dapat direspons dengan cepat dan kampanye yang dilakukan akan selalu relevan dan efektif.  

4.     Optimisasi dan Pemantauan Kerja Real-Time

Automasi dapat mengoptimalkan penayangan iklan berdasarkan performa dan faktor kontekstual yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas kampanye. Selain itu juga memfasilitasi pemantauan kinerja kampanye dengan memberikan informasi real-time yang diperlukan untuk pengambilan keputusan cepat. 

5.     Data Historis dan Pembelajaran

Proses automasi memfasilitasi adanya evaluasi mendalam pasca-kampanye terhadap hasil atau aksi pemasaran yang telah dilakukan melalui kemampuan analisis reflektif dan pemanfaatan data historis. Langkah ini akan mendukung peningkatan kinerja kampanye di masa depan sekaligus penting dalam siklus pembelajaran dan pengembangan strategi pemasaran yang berkelanjutan.

6.     Optimalisasi Strategi Omnichannel

Automasi memungkinkan integrasi kampanye DOOH dengan berbagai channel/saluran lain (omnichannel), seperti media sosial, situs web, dan iklan online lainnya, integrasi ini akan meningkatkan pengalaman pelanggan serta membantu meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran.

Strategi Ampuh: Kampanye Luar Griya yang Efektif dan Efisien

Jadi dapat disimpulkan, automasi pada DOOH memberikan fasilitas dan kapabilitas kepada pemasar/pengiklan untuk merancang kampanye yang lebih efisien. Meliputi, peningkatan dalam hal penargetan dan respons, manajemen kreatif, yang pada akhirnya akan meningkatkan efektivitas kampanye secara keseluruhan.

Bicara tentang automasi DOOH, salah satu bentuk yang telah menjadi tonggak penting di industri media luar griya yaitu programmatic DOOH (pDOOH). pDOOH menandai perkembangan signifikan dalam cara pengiklan menyampaikan pesan kepada audiensnya. Mari kita coba telusuri lebih lanjut tentang bagaimana pDOOH mengubah lanskap iklan luar griya digital.

Menurut perusahaan teknologi periklanan global The Trade Desk, pengiklan terus mengeksplorasi metode yang lebih efisien untuk terhubung dengan konsumen dalam konteks dunia nyata di luar desktop, perangkat seluler, dan layar TV. Programmatic DOOH menjadi kunci utama untuk menciptakan pengalaman inspiratif yang melibatkan target audiens dalam skala besar saat mereka bepergian.

Dengan memanfaatkan teknologi machine learning dan pemutakhiran data, pDOOH memungkinkan perencanaan dan pembelian ruang secara otomatis, serta memastikan pengiklan menjangkau target audiens mereka secara efektif dan efisien. Insight real-time terhadap keterlibatan audiens memberikan pengiklan fleksibilitas untuk mengoptimalkan kampanye secara dinamis. Lebih lanjut, pDOOH juga memungkinkan penargetan terhadap konsumen yang berada dalam jangkauan layar DOOH dan mengarahkan kampanye ke saluran digital yang mereka gunakan. Sehingga, mendorong pemahaman yang lebih holistik mengenai consumer journey dan meningkatkan brand experience secara keseluruhan. 

Kautsar Ikrami, Director, Inventory Partnership The Trade Desk, dalam pembahasan terbaru di kantor AMG mengungkapkan, terdapat minat dan permintaan pasar yang signifikan untuk pDOOH di Indonesia. Pengiklan ingin menargetkan audiens melalui pendekatan data sehingga materi yang ditampilkan pada layar DOOH relevan dengan insight audience. Hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi industri OOH tanah air untuk bisa menghadirkan solusi inovatif yang mampu menjawab.

Saat ditelusuri lebih jauh bagaimana upaya AMG dalam berinovasi sekaligus menghadapi berbagai tantangan di industri media luar griya, Agung menggarisbawahi peran krusial integrasi antara automasi dan pDOOH di tengah pesatnya perkembangan lanskap DOOH dan momentum era omnichannel. Mengapa demikian?

Kombinasi kemampuan automasi dalam penempatan iklan bersamaan dengan utilisasi data secara cerdas, menciptakan peluang baru untuk menjangkau audiens melalui cara yang lebih kontekstual dan efektif pada pDOOH, Dua pendekatan ini secara sinergis akan mendukung peningkatan adopsi DOOH, memperkaya saluran digital lainnya, dan mengoptimalkan pangsa pasar belanja media, khususnya di Indonesia.

Selain itu, data audiens yang komprehensif pun memegang peran sentral dalam membentuk strategi yang lebih terarah dan personal. Inovasi ini tidak hanya menggambarkan masa depan DOOH, tetapi juga membangun fondasi untuk memahami preferensi dan perilaku audiens secara mendalam, dan memberikan kontribusi vital untuk mencapai kesuksesan kampanye.

Dalam konteks inventori, Agung juga membeberkan bahwa saat ini AMG memiliki lebih dari 5000 layar DOOH yang tersebar di berbagai lokasi, termasuk perkantoran, apartemen, rumah sakit, gym, retail stores, lifestyle buildings, dan videotron.

Dengan jaringan layar digital paling beragam, khususnya di pusat bisnis Jakarta, akan menempatkan AMG sebagai jaringan terbaik untuk menjangkau masyarakat perkotaan dengan daya beli tinggi selama mereka beraktivitas di luar rumah sepanjang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper