Tokopedia (GOTO) Ungkap Dampak Fitur Transaksi TikTok Shop Terhadap UMKM

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 29 Desember 2023 | 13:29 WIB
Seorang pengemudi pengiriman Gojek mengambil pesanan PT Tokopedia di pusat pemenuhan di Jakarta, Indonesia, pada Senin, 12 Desember 2022. - Bloomberg/Dimas Ardian
Seorang pengemudi pengiriman Gojek mengambil pesanan PT Tokopedia di pusat pemenuhan di Jakarta, Indonesia, pada Senin, 12 Desember 2022. - Bloomberg/Dimas Ardian
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tokopedia, unit bisnis e-commerce PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mengungkapkan dibukanya fitur transaksi di TikTok Shop turut membantu UMKM lokal untuk tumbuh, khususnya pada momen 12.12. 

Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan mengatakan Tokopedia dan TikTok berupaya mendukung pertumbuhan UMKM dalam negeri. Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah dengan meluncurkan kampanye bersama Beli Lokal saat momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 lalu. 

“Kampanye Beli Lokal bertujuan membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal untuk mendapatkan panggung lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12, lewat aplikasi Tokopedia dan TikTok,” kata Aditia kepada Bisnis, Jumat (29/12/2023). 

Aditia menambahkan animo masyarakatn cukup tinggi terhadap kampanye Beli Lokal, termasuk saat momen Harbolnas 12.12, menimbulkan berbagai dampak positif pada penjualan para UMKM lokal.

Berdasarkan catatan Bisnis, saat ini Tokopedia mengklaim dimanfaatkan oleh sekitar 14 juta merchant, sementara TikTok Indonesia digunakan oleh 6 juta seller lokal dan 7 juta kreator affiliate, dengan pengguna bulanan mencapai 125 juta.

Merujuk pada laporan Compas.co.id, pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12 Desember 2023 lalu, seluruh platform e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan baik nilai penjualan maupun jumlah transaksi. 

Pada periode ini industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di e-commerce berhasil mencapai penjualan sebesar Rp279 miliar dari 9 juta transaksi atau meningkat 86% dari rata-rata nilai penjualan di hari lainnya yang hanya mencapai Rp149 miliar. 

Untuk Tokopedia, mencatatkan peningkatan nilai penjualan sebesar 214% atau meningkat Rp47 miliar, ke angka Rp69 miliar. 

Sementara itu e-commerce lainnya, Blibli yang meningkat 316% atau Rp6,2 miliar ke angka Rp 8,2 miliar, sementara Lazada meningkat 154% atau Rp18,4 miliar ke angka Rp30,5 miliar dan Shopee meningkat 50% atau Rp57 miliar, ke angka 171 miliar.

Pada periode ini Compas.co.id juga merekam dampak yang diberikan TikTok Shop pada periode 12 Desember 2023 - 19 Desember 2023. Dimana pada periode ini Industri FMCG di TikTok Shop berhasil meraup nilai penjualan sebesar Rp193 miliar dari 2 juta transaksi, yang didapatkan lebih dari 48 ribu brand yang aktif memasarkan produknya. 

CEO Compas.co.id. Hanindia Narendrata (Drata) mengatakan Compas.co.id yang memonitoring data penjualan e-commerce secara real-time melalui metode crawling, merekam bahwa periode 12.12 merupakan peningkatan penjualan tertinggi sepanjang masa harbolnas pada 2023 dengan 86%. 

“Sebelumnya peningkatan tertinggi dicatatkan pada bulan November 2023 dengan 64%,” kata Drata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper