Simak Data Kontribusi TikTok & Tokopedia buat Ekonomi RI di Sini!

Media Digital
Jumat, 29 Desember 2023 | 12:23 WIB
Cara berjualan di TikTok Shop dan berbelanja produk setelah dibuka kembali TikTok Shop./Bisnis.com
Cara berjualan di TikTok Shop dan berbelanja produk setelah dibuka kembali TikTok Shop./Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok sudah mengumumkan kolaborasi antara TikTok dan Tokopedia. Dalam kerja sama ini, TikTok siap berinvestasi di Tokopedia senilai lebih dari US$ 1,5 miliar atau setara dengan Rp 23 triliun.

Menurut pernyataan resmi keduanya di awal Desember 2023, tujuan investasi tersebut adalah untuk mendorong ekonomi digital melalui pengembangan e-commerce tersebut.

Secara skema, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas Tokopedia. Sedangkan fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh Tokopedia.

CEO GoTo Patrick Walujo mengatakan kolaborasi ini akan melahirkan juara e-commerce Indonesia, dengan mengombinasikan kekuatan lokal Tokopedia dengan jangkauan pasar yang masif dan kecanggihan teknologi TikTok.

“Kami berkomitmen mendukung pertumbuhan UMKM lokal dan mempromosikan produk-produk buatan Indonesia. Bisnis GoTo kini memiliki fondasi yang lebih kuat dan kami berharap kemitraan dengan Tiktok akan membawa banyak manfaat tidak hanya bagi bisnis e-commerce, namun juga bagi layanan on-demand dan bisnis fintech kami," jelas Patrick, dalam keterangan yang disampaikan, dikutip Kamis ini (28/12/2023).

Transaksi tersebut diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2024 dan dibantu oleh Goldman Sachs sebagai penasihat keuangan untuk Grup GoTo.

Bagaimana fakta kontribusi kedua perusahaan bagi ekonomi Indonesia? Berikut rangkuman yang dikumpulkan Tim Redaksi Bisnis.

TikTok

Kontribusi TikTok pernah disampaikan dalam pertemuan antara Chief  Executive Officer (CEO) TikTok Shou Zi Chew dengan Menteri  Perdagangan  Zulkifli  Hasan  di Jakarta, 14 Juni 2023, sebelum deal TikTok-Tokopedia. Saat itu Mendag mengatakan TikTok berperan besar terhadap ekosistem UMKM Indonesia, khususnya dalam mempercepat proses digitalisasi.

“Tidak hanya menjadi platform hiburan, TikTok juga berpengaruh besar terhadap ekosistem UMKM Indonesia. Kami  senang,  perkembangan  digital  seperti  TikTok  mempermudah pertemuan antara pembeli dengan produsen,” kata Mendag, dikutip dalam situs resmi Kemendag.

Keberadaan  platform  digital  membuat  produsen  dan  pembeli  terhubung secara  langsung,  sehingga memotong  peran rantai  distribusi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper