Startup Kecantikan RADC Raih Pendanaan Rp83 Miliar, Bidik Pasar Asean

Redaksi
Jumat, 15 Desember 2023 | 14:22 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rosé All Day Cosmetics (RADC), startup kecantikan Indonesia, meraih pendanaan seri A sebesar $5,41 juta atau setara Rp83,7 miliar (kurs: Rp15.485) yang dipimpin oleh SWC Global dengan partisipasi dari AC Ventures dan investor baru, DSG Consumer Partners.

Investasi strategis ini menggambarkan kuatnya pertumbuhan positif dan potensi bisnis RADC. ini menjadi tonggak penting bagi RADC dan sejalan dengan visi perusahaan untuk mengembangkan produk kosmetik kelas dunia dari Indonesia ke pasar global.

Dengan modal baru ini, RADC akan memperluas ekspansi bisnisnya di Indonesia dan ASEAN, melakukan inovasi produk secara menyeluruh dengan fokus pada teknologi dan mengembangkan kehadiran produk secara omnichannel.

Co-founder RADC Tiffany Danielle mengatakan kolaborasi ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kehadiran pasar dan kecanggihan operasional RADC di Asia Pasifik.

"Bersama-sama, kami berkomitmen untuk membuka peluang baru dan menyampaikan produk kosmetik yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan berkembang pelanggan kami di Indonesia dan di luar, " kata Tiffany, Dikutip dari siaran pers, Jumat (15/12/2023).

Sebagai informasi, RADC diluncurkan pada tahun 2017 dan menunjukkan tren yang menjanjikan. Merek tersebut kemudian mendapat investasi awal dari perusahaan modal ventura terkemuka di Asia Tenggara, AC Ventures pada tahun 2020

Kini, RADC dikenal sebagai merek kecantikan dan produk perawatan kulit berkualitas tinggi yang ramah lingkungan dan mengedepankan kebersihan. keindahan, inklusivitas, dan keberlanjutan.

Adanya kesepakatan seri A ini mengikuti periode pertumbuhan signifikan bagi perusahaan ini.

Para pendiri RADC percaya bahwa pertumbuhan positif dalam bisnis RADC merupakan hasil dari kombinasi perbaikan saluran distribusi, peningkatan minat dan keterlibatan konsumen online, dan kemampuan merek untuk mempertahankan pelanggan

Wakil Presiden SWC Global Wendi Xiang menyampaikan bahwa pihaknya yakin dengan prospek perekonomian Indonesia pada dekade mendatang.

"Kami terpesona oleh kualitas dan desain produk RADC, serta terkesan oleh efisiensi operasional tim. Kami dengan cepat melihat merek ini menjadi merek kecantikan unggulan asal Indonesia," kata Wendi.

Wendi menambahkan bahwa investasi dan dukungan SWC Global tidak sebatas modal saja, tetapi juga berencana menghubungkan RADC dengan portofolio konsumen SWC Global China, dan membantu RADC meningkatkan dukungan rantai pasokan di China.

Pasar kosmetik dan perawatan kulit Indonesia pada 2022 masing-masing memiliki nilai $800 juta setara Rp12,3 triliun dan $2,4 miliar atau Rp37,1 triliun, dengan pertumbuhan tahunan yang diproyeksikan mencapai 14-16 persen dan 10-15 persen hingga tahun 2026.

Ekspansi ini akan didorong oleh pangsa pasar yang kuat dari kelompok milenial dan Gen-Z sebanyak 145 juta konsumen yang mencari produk premium di tengah peningkatan PDB per kapita yang diestimasikan mencapai $7.000 setara Rp108,3 juta pada 2026.

Keterlibatan digital yang signifikan dari konsumen ini, ditandai dengan tingkat penetrasi 89% di daerah perkotaan, didorong oleh booming e-commerce dan media sosial. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper