AI Gemini, 'Senjata Baru' Google untuk Saingi ChatGPT-4

Crysania Suhartanto
Jumat, 8 Desember 2023 | 11:49 WIB
Kecerdasan buatan. /Youtube
Kecerdasan buatan. /Youtube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Alphabet, induk perusahaan Google meluncurkan model kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang disebut-sebut akan menjadi pesaing dari ChatGPT-4 milik OpenAI.

GPT-4 adalah sistem OpenAI yang paling canggih, menghasilkan respons yang lebih aman dan bermanfaat. Terdapat beberapa fitur yang harus ditebus dengan bayaran jika ingin menggunakan. 

"Era model baru ini mewakili salah satu upaya sains dan teknik terbesar yang kami lakukan sebagai sebuah perusahaan," tulis CEO Alphabet Sundar Pichai dalam blognya, dikutip Jumat (8/12/2023).

Nantinya, Gemini Pro ini akan tergabung dengan sistem Bard dan dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja. Adapun inovasi ini akan mulai meluncur pada awal 2024.

Menariknya, selain Gemini Pro, Google juga tengah mengembangkan dua model Gemini lainnya, yakni Gemini Ultra dan Gemini Nano. Adapun ketiga Gemini ini dirancang dengan kekuatan pemprosesan yang berbeda. 

Adapun, Gemini Ultra yang memiliki kekuatan paling kuat nantinya akan digunakan dalam data center (pusat data). Sementara Gemini Nano akan diimplementasikan dalam perangkat seluler Google dan dapat diakses secara offline, mulai dari Pixel 8 Pro.

Diketahui, Gemini Ultra disebut Google sudah mengalahkan ChatGPT4.

Menurut CEO Google DeepMind Demis Hassabis, pihaknya telah membuat 32 pengetesan untuk membandingkan Gemini Ultra dan ChatGPT 4. Adapun, Gemini Ultra telah memenangkan 30 dari 32 tes yang dijalankan.

“Saya pikir kita jauh unggul dalam 30 dari 32 kriteria tersebut. Beberapa di antaranya sangat sempit (jaraknya), beberapa di antaranya cukup besar,” ujar Hassabis dikutip dari The Verge. 

Nantinya, menurut Google, Gemini Ultra akan berkolaborasi dengan Bard dan akan dinamakan Bard Advanced. Generative AI ini akan mampu menangani tugas-tugas kompleks pada berbagai teks, gambar, audio, video, dan kode. 

Namun, sama halnya dengan ChatGPT4, Gemini Ultra nantinya akan berbayar. Akan tetapi masih belum diberikan informasi terkait biaya berlangganan dan tanggal peluncuran.

Lebih lanjut, dikutip dari Wired, saat ini Gemini hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Namun, kedepannya Google juga berencana mengembangkan model dengan bahasa-bahasa lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper