Pendapatan Nintendo Melejit, Terdongkrak Film Super Mario Bros

Crysania Suhartanto
Rabu, 8 November 2023 | 09:45 WIB
Logo Nintendo/Bloomberg
Logo Nintendo/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan gim (game) asal Jepang, Nintendo telah membukukan penjualan sebesar ¥796,2 miliar atau sekitar Rp8,28 triliun pada paruh pertama tahun fiskal (periode April-September 2023). 

Angka inipun naik 21,2% dibandingkan periode sebelumnya.

Menurut laporan yang dikeluarkan Nintendo, angka ini merupakan penjualan terbesar perusahaan sejak peluncuran Nintendo Switch.

“Karena peningkatan penjualan dalam bisnis platform video game khusus kami, serta peningkatan terkait seluler dan IP termasuk pendapatan yang terkait dengan Film Super Mario Bros,” ujar laporan tersebut, dikutip Rabu (8/11/2023).

Selain itu, peningkatan ini juga diakibatkan oleh depresiasi mata uang yen yang cukup signifikan. Sebagai informasi, sekitar 78,3% penjualan berasal dari luar Jepang, seperti Amerika yang sebesar 43,7% dan Eropa sebesar 22,8%.

Adapun mata uang Yen Jepang pada tengah mengalami penurunan terhadap dolar AS sebesar 13,06% sejak awal tahun. 

Lebih lanjut, pada periode tersebut perangkat lunak milik perusahaan Jepang, Nintendo Switch telah terjual sebanyak 6,84 juta unit atau mengalami kenaikan 4,69 juta per unit. 

Hal ini pun membuat Switch menjadi konsol terlaris ketiga sepanjang masa, dengan penjualan sebesar 132,46 juta unit.

Selain itu, pada periode ini ada lebih dari 97 juta game yang terjual. Game yang paling laris adalah Mario Kart Deluxe yang terjual sebanyak 3,22 juta, Pikmin 4 sebesar 2,61 juta, dan Super Smash Bros Ultimate sebanyak 1,35 juta.

Alhasil, Nintendo mengalami peningkatan laba operasional sebesar 27% ke angka ¥279,9 miliar atau sekitar Rp2,9 triliun dan laba bersih sebesar ¥271,2 miliar atau sekitar Rp2,8 triliun.

Sebagai informasi, sebelumnya perusahaan teknologi Microsoft divisi gaming sempat mempertimbangkan untuk membeli Nintendo. 

Dikutip dari The Verge, CEO Microsoft Gaming Phil Spencer mengatakan Nintendo merupakan salah satu aset yang berharga di dunia game.

“Mendapatkan Nintendo akan menjadi langkah yang baik untuk kedua perusahaan,” ujar Phil.

Phil pun sempat mengatakan perusahaannya sudah melakukan komunikasi dengan Nintendo terkait kolaborasi yang lebih erat.

Phil optimistis Microsoft merupakan perusahaan terbaik di Amerika Serikat untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan gaming asal Jepang tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper