Rekor! Gim Nintendo Pokemon Scarlet dan Violet Laku 10 Juta Kopi dalam 3 Hari

Asahi Asry Larasati
Kamis, 24 November 2022 | 14:47 WIB
Logo Nintendo/Bloomberg
Logo Nintendo/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nintendo Co. merilis gim Pokemon terbaru untuk konsol Switch. Hanya dalam tiga hari, gim ini mencetak rekor dan terjual lebih dari 10 juta kopi secara global.

Dilansir dari Bloomberg pada Kamis (24/11/2022), Pokémon Scarlet dan Violet dirilis bersamaan pada 18 November 2022 dan terjual lebih dari 4 juta unit di Jepang. Penjualan tersebut juga membuat rekor baru di dalam negeri.

Pokémon Scarlet dan Violet merupakan dua judul gim yang berbeda, namun identik. Yang membedakan keduanya adalah karakter pokemon dan barang koleksi di setiap versinya.

Terakhir kali Nintendo mencapai rekor penjualan domestik dan diterima dengan baik adalah saat merilis Splatoon 3 pada bulan September.

Saham Nintendo naik sebanyak 1,9 persen di Tokyo pada hari ini setelah pengumuman tersebut.

Analis industri igame Serkan Toto mengatakan rekor penjualan Nintendo ini tidak terlalu mengejutkan, karena merek Pokémon memang sepertinya tak terkalahkan.

“Menariknya, game banyak terdapat bug dan masalah kinerja yang benar-benar menunjukkan konsol Switch ketinggalan zaman. Tapi penggemar berat tidak peduli,” ungkapnya.

Konsol Switch sendiri telah berusia lima tahun. Nintendo belum memiliki rencana meluncurkan konsol generasi baru saat ini, saat pesaingnya seperti konsol Playstation dan Xbox telah merilis konsol generasi terbaru.

Nintendo cukup bergantung pada peluncuran game besar untuk mempertahankan momentum penjualan perangkat lunak dan perangkat kerasnya.

Animal Crossing: New Horizons menjadi momentum besar Nintendo selama pandemi, ketika permintaan untuk hiburan rumah dan game melonjak. Namun, penjualan gim Splatoon dan Pokémon terbaru mencatatkan angka yang lebih besar.

Sebagai perbandingan, Sony Group Corp., dengan konsol Playstation-nya mencatat peluncuran game pihak pertama terbaiknya bulan ini, God of War Ragnarok, yang terjual 5,1 juta unit selama pekan pertama.

Meskipun mencatatkan penjualan yang memuaskan, baik Nintendo maupun Sony memberikan perkiraan yang hati-hati untuk tahun depan karena permintaan yang goyah sepanjang tahun ini.

Nintendo memangkas 10 persen dari perkiraan penjualan konsol Switch tahun fiskal bulan ini karena kekurangan pasokan chip yang berkepanjangan. Pihak perusahaan mengatakan mereka tetap yakin dengan daya tarik Switch meskipun usianya sudah tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper