Saingi WhatsApp Cs, X.com Elon Musk Rilis Panggilan Suara dan Video

Redaksi
Jumat, 27 Oktober 2023 | 14:36 WIB
Elon Musk/Bloomberg
Elon Musk/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Platform media sosial X.com milik Elon Musk, baru saja meluncurkan fitur penggilan suara dan video kini tersedia di iOS dan akan segera di Android. Fitur ini membuat X.com hampir seperti aplikasi WhatsApp.

Fitur terbaru ini merupakan bagian dari serangkaian fitur baru dan perubahan pada pengalaman inti platform di bawah Musk, yang mengakuisisi perusahaan media sosial tersebut hampir setahun yang lalu. 

Seperti dikutip dari reuters, Jumat (27/10/2023), setelah mengganti nama Twitter menjadi X, Musk mengatakan akan mengubah platform tersebut menjadi aplikasi super.

Secara bertahap, X menawarkan berbagai layanan mulai dari pengiriman pesan dan jejaring sosial hingga pembayaran peer-to-peer.

Pemilik platform Elon Musk secara langsung membagikan kabar ini melalui salah satu unggahan di akun X pribadinya menuliskan versi awal panggilan video dan audio di X.

Dari unggahan Musk yang sekaligus mem-posting ulang unggahan lain dari akun @cb_doge tersebut, bahwa fitur panggilan audio dan video telah tersedia untuk beberapa pengguna dan dapat diaktifkan pada menu pengaturan.

“Untuk mengaktifkan panggilan video dan audio di X: Buka Pengaturan > Privasi & Keamanan > Pesan Langsung > Aktifkan Panggilan Audio & Video,” tulis unggahan akun X DogeDesigner, dikutip, Jumat (27/10/2023).

Selain itu, CEO X Linda Yaccarino juga membagikan tangkapan layar yang menunjukkan fitur panggilan sedang beraksi.

Kemampuan untuk melakukan panggilan audio dan vieo pengguna hanya tersedia bagi pengguna yang sudag berlangganan X Premium sebesar $8 atau setara Rp127.494 (kurs: Rp15.936) per bulan, sebelumnya dikenal sebagai Twitter Blue. 

Namun, pelanggan tersebut dapat menelepon siapa pun di X selama pengguna tersebut telah mengirimi Anda pesan langsung setidaknya sekali sebelumnya.

Penerima video call di X juga tidak harus berlangganan X Premium. Bagi pengguna yang ingin mengontrol apakah mereka dapat melakukan atau menerima panggilan, opsi manajemen dapat ditemukan di halaman pengaturan Direct Message.

Bagi pengguna iOS yang belum mengetahui cara melakukan panggilan audio dan video di platform X, cara menangani panggilan audio dan mengelola panggilan video? Simak dibawah ini ya! 

Cara Melakukan Panggilan Audio dan Video di iOS

Untuk melakukan panggilan, pelanggan X Premium dapat membuka kotak masuk pesan langsung mereka, ketuk obrolan pengguna, klik ikon telepon dan pilih apakah Anda ingin melakukan panggilan audio atau panggilan video. Selain itu, pastikan Anda menginstal aplikasi X versi terbaru.

1. Ketuk ikon amplop. Anda akan diarahkan ke pesan Anda.

2. Ketuk percakapan DM yang ada atau mulai percakapan baru.

3. Ketuk ikon telepon, dari sana Anda dapat yaitu ketuk Panggilan audio untuk memulai panggilan audio. Kemudian, ketuk Panggilan video untuk memulai panggilan video.

4. Akun yang Anda hubungi akan menerima pemberitahuan bahwa Anda menelepon mereka dan jika mereka tidak mengangkatnya, mereka akan mendapat pemberitahuan bahwa mereka melewatkan panggilan.

Kelola Panggilan Audio

Saat melakukan panggilan audio, Anda dapat:

1. Ketuk ikon audio untuk melakukan panggilan di speaker.

2. Matikan suara atau suarakan mikrofon Anda dengan mengetuk ikon mikrofon.

3. Akhiri panggilan dengan mengetuk tombol X.

Kelola Panggilan Video

Saat melakukan panggilan video, Anda dapat:

1.  Beralih antara kamera depan atau belakang dengan mengetuk ikon kamera lipat.

2. . Ketuk ikon audio untuk mematikan mode speaker.

3. Matikan kamera Anda dengan mengetuk ikon kamera. 

4. Matikan mikrofon Anda dengan mengetuk ikon mikrofon.

5. Akhiri panggilan dengan mengetuk tombol X.

Sebagai informasi, fitur panggilan ini hanya tersedia di perangkat iOS, tetapi peluncuran Android sedang dakan proses. Bagi kalian pengguna perangkat iOS berhati-hatilah jika Anda akan langsung menelepon bahwa Musk telah menunjukkan bahwa fitur tersebut saat ini masih dalam versi beta, jadi jangan kaget jika ada bug. (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper