Fakta-fakta Gerhana Matahari Cincin, Besok 14 Oktober 2023, Indonesia Tidak Kebagian

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 13 Oktober 2023 | 11:14 WIB
Gerhana Matahari Cincin/
Gerhana Matahari Cincin/
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Fenomena gerhana matahari cincin akan terjadi pada pekan ini atau tepatnya 14 Oktober 2023 waktu AS atau 15 Oktober 2023 WIB.

Saat gerhana matahari cincin, bulan tampak sedikit lebih kecil dari matahari, sehingga tidak dapat menutupi seluruh piringan. Hasilnya adalah “cincin api” yang indah.

Berikut fakta-fakta soal gerhana matahari cincin besok 14 Oktober 2023

1. Tidak bikin langit gelap

Dilansir dari Space, gerhana matahari cincin ini tidak akan menggelapkan langit seperti gerhana matahari total pada 21 Agustus 2017. Gerhana matahari terjadi ketika bulan baru berada tepat di antara bumi dan matahari dan bayangannya mengenai bumi.

Gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan tampak relatif kecil di langit sehingga tidak menutupi seluruh piringan matahari, sehingga meninggalkan cincin luar tipis yang sering disebut “cincin api”.

Mampukah bulan menutupi seluruh piringan matahari bergantung pada jarak bulan dari bumi. Bulan mempunyai orbit yang agak elips mengelilingi Bumi, sehingga pada dua titik setiap bulannya, bulan berada pada posisi terjauh (apogee) dan terdekat (perigee) dengan Bumi, sehingga membuat bulan tampak sedikit lebih kecil dan sedikit lebih besar dari rata-rata di langit kita.

Pada 14 Oktober 2023, bulan baru akan terlihat relatif kecil sehingga hanya menutupi 91% piringan matahari jika dilihat dari jalur annularitas sempit .

2. Titik gerhana terbesar

Titik gerhana terbesar di mana pemirsa dapat melihat cincin api yang berlangsung selama 5 menit 17 detik akan terjadi di lepas pantai Nikaragua dan Kosta Rika. 

3. Awal dari gerhana matahari total 2024

Meskipun sebagian besar dianggap sebagai pemanasan menjelang gerhana matahari total tahun 2024, gerhana matahari cincin tahun 2023 adalah alasan yang bagus untuk bepergian, dan bagi pemburu gerhana yang belum pernah melihat gerhana matahari cincin, ini adalah peluang besar.

4. Cara menyaksikan

Seperti halnya gerhana lainnya, penting untuk berada di tengah jalur bayangan bulan jika Anda ingin menyaksikan selama mungkin. Itu berarti Anda harus berada di dekat garis tengah matahari. 

Para ahli mengingatkan adalah tidak aman jika melihat langsung matahari yang cerah tanpa menggunakan pelindung mata khusus yang dirancang untuk melihat matahari, karena berisiko membuat mata cedera.

Matahari tidak pernah tertutup sepenuhnya oleh bulan pada gerhana matahari cincin, maka menjadi tidak aman jika melihat langsung ke bulan tanpa pelindung mata.

Melihat gerhana matahari melalui lensa kamera, teropong atau teleskop tanpa menggunakan filter surya khusus, bisa menyebabkan cedera mata yang parah.

Para pakar menyarankan masyarakat agar selalu menggunakan kacamata pelindung matahari atau alat pendeteksi matahari genggam yang aman setiap ada gerhana matahari cincin. Kacamata hitam biasa tidak aman untuk melihat matahari saat gerhana.

5. Lama muncul

Penonton yang berada di lokasi tersebut akan melihat cincin api mungkin hanya beberapa detik. Namun lingkarannya akan berkurang, dan salah satu bagian tepi bulan akan tampak hampir menghalangi matahari.

Hal ini memungkinkan untuk melihat sekilas cincin "manik-manik Baily" di sekitar bulan selama fase annularitas, seperti yang dapat dilihat saat gerhana matahari total.

6. Gerhana matahari cincin 2024

Setelah gerhana matahari cincin pada 14 Oktober 2023, gerhana matahari cincin berikutnya akan terjadi pada 2 Oktober 2024, saat cincin api akan terlihat dari Samudera Pasifik, Chili bagian selatan, dan Argentina bagian selatan.

Pada titik gerhana terbesar di lautan, cincin api akan berlangsung selama 7 menit, 25 detik, namun lokasi terbaik adalah Pulau Paskah (Rapa Nui), yang terletak sekitar 2.000 mil (3.200 km) di lepas pantai barat Chili.

Di sana, Anda dapat berdiri dan melihat cincin api hingga 6 menit, 9 detik.

7. Indonesia tidak kebagian menyaksikan gerhana matahari cincin 2023

Sayangnya,, Indonesia bukan negara yang kebagian menyaksikan fenomena langka ini. Melansir laman NASA, gerhana matahari cincin ini hanya akan melintasi Amerika Utara, Tengah, dan Selatan.

Gerhana ini akan terlihat di beberapa bagian Amerika Serikat, Meksiko, dan banyak negara di Amerika Selatan dan Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper