Indonesia Urutan ke-4, Negara dengan Pengguna Smartphone Terbanyak di Dunia

Rahmad Fauzan
Kamis, 12 Oktober 2023 | 20:20 WIB
Warga menggunakan smartphone untuk menonton video streaming.
Warga menggunakan smartphone untuk menonton video streaming.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia menempati urutan ke-4 sebagai negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia. Merah Putih hanya kalah dari China, India dan Amerika Serikat. 

Mengutip Mobile World Live, jumlah pengguna ponsel pintar saat ini tercatat mencapai 54 persen dari total populasi dunia. Hal ini terungkap dalam laporan terbaru GSMA berjudul ‘State of Mobile Internet Connectivity’.

Laporan itu menyebut sekitar 3 miliar dari 4,6 miliar populasi dunia merupakan pengguna ponsel pintar sampai dengan 2022.

Sementara itu, mobile internet pada periode tersebut memiliki penetrasi sebanyak 57 persen dari jumlah keseluruhan populasi global. Naik 2% dari dari tahun sebelumnya.

“Secara mayoritas, pengguna ponsel pintar selama 3 kuartal tahun lalu berasal dari negara dengan pendapatan menengah ke bawah,” tulis laporan tersebut seperti dikutip Bisnis.com pada Kamis (12/10/2023).

Adapun, jumlah populasi global yang menggunakan ponsel pintar pada 2022 tidak banyak berubah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan dilaporkan masih sangat banyak yang tidak memiliki akses terhadap konektivitas internet.

GSMA juga mencatat sebanyak 23 persen penduduk dunia berusia 18 tahun ke atas masih belum menggunakan internet seluler, meskipun daerah tempat tinggalnya sudah tercakup ke dalam jaringan broadband seluler.

Sementara itu, Indonesia menjadi negara keempat dengan penggunaan ponsel pintar (smartphone)  terbanyak  di dunia, setelah China, India dan Amerika Serikat.

Berdasarkan data Newzoo, dilansir dari dataindonesia.id, Rabu (18/1/2022), China menjadi negara dengan pengguna ponsel pintar (smartphone) terbanyak di dunia pada 2022.

Ini terlihat dari jumlah pengguna smartphone di China yang mencapai 910,14 juta orang. India menyusul di urutan kedua dengan jumlah pengguna smartphone sebanyak 647,53 juta orang. Posisinya diikuti oleh Amerika Serikat dengan 249,29 juta pengguna smartphone. 

Indonesia berada di urutan keempat dalam daftar ini. Tercatat ada 192,15 juta pengguna smartphone di dalam negeri sepanjang tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper